Kegiatan Rumahan Selama Pandemic COVID 19

Sebelum adanya pandemic yang melanda semua Negara di Dunia ini, sudah ada beberapa perusahaan yang memberikan kebijakan terhadap karyawannya untuk bekerja darimana saja yang penting hasilnya sesuai dengan ekspektasi organisasi atau perusahaan. Biasanya perusahaan tersebut rata-rata bergerak dibidang teknologi Informasi. Dulu ketika saya aktif travelling beberapa ketemu orang yang bekerjadi di bidang tersebut. Mereka bebas bekerja dimana saja.

Selama management menerima result positive dari si karyawan tersebut dan anytime di butuhkan untuk meeting sudah ready dengan meeting virtual. Di kantor gue dulu dengan bidang bisnis jasa IT (Information Technology) belum sebebas mereka. Gue hanya bisa bekerja dari rumah jika kondisi badan tidak memungkinkan.

Kebijakan Selama Pandemic COVID 19

Namun sejak adanya pandemic COVID 19 organisasi berlomba-lomba dituntut agar bisa memberikan fasilitas yang memadai untuk karyawannya karena tuntutan tidak bekerja di gedung dan adanya social distancing. Kebutuhan kerja karyawan Mulai dari Laptop, Internet, settingan aplikasi kantor yang digunakan wajib di penuhi oleh perusahaan guna menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Sebelum dilakukan bekerja dari rumah (Work From Home) semua Human Resource memebrikan arahan yang sesuai untuk Work From Home.

Disela-sela Work From Home, begitu banyak trend yang mucul dikalangan masyarakat. Diantaranya :

Pelihara Ikan Hias

Pelihara Burung

Bersepeda

Menulis

Bertanam

Salah satu teman ku yang memiliki usaha jual tanaman hias dan jual bibit ikan hias mengatakan bahwa permintaan selama pandemic sangat meningkat tajam. Beberapa dari pembeli membeli tanaman hias untuk di tanam di pekarangan rumah mereka.

Namun ada yang sedikit lucu ketika membahas trend Bersepeda. Ada beberapa orang yang tiba-tiba menjadikan ini trend tanpa memikirkan apa manfaatnya. Harga sepeda pun diawal-awal pandemic melambung tinggi. Para pemilik sepeda tersebut masih rajin di minggu pertama dan minggu ke dua. Namun minggu berikutnya sudah tidak terlihat lagi kegiatan yang biasa dilakukan selama dua minggu. Hmmm… apakah sudah lelah bergoyes ria atau hanya mengikuti trend belaka.

Kalau gue sih memilih bertanam tanaman yang bisa di konsumsi di kala pandemic. Kenapa memilih bertanam tanaman tersebut? Karena bagi gue menghasilkan dan bisa di nikmati hasilnya. Artiannya dua hal yang gue ambil, melihat tanaman tumbuh kembang dan menikmati hasilnya. Terlepas dari apa yang menjadi hobby anda di kala pandemic, yang pasti mengusir kejenuhan. Ini update tanamanku selama pandemic.

Tanaman Cabeku selama pandemic Covid 19
Panen Cabe
Hasil tanaman Pepaya

Apa kegiatan anda selama Pandemic? share dong!

Oh… COVID 19 bikin rusuh aja!!!

Pandemic COVID 19

Respon pertama kali dengar berita adanya pandemic yang bernama virus Corona dari Wuhan China dan WHO merelease nama wabah ini menjadi COVID 19 secara pribadi respon gue biasa aja. Gue anggap zaman sekarang mah lebay kadang-kadang beritanya di lebih-lebihkan. Bahkan kalo kita lihat kejadian-kejadian viral social media sebenarnya kebanyakan berita tidak mutu. Contohnya seorang gadis mukbang dengan sabun mandi  yang di makan!, ada yang ber make up dengan alat bantu balon untuk di tacap ke wajahnya!, ada juga berita artis yang berantem walau hanya settingan dan jadi viral, dll. Dari situ gue merasa paling berita-berita virus ini hanya berita lebay.

Namun dari januari berita wabah ini makin tersebar ke seluruh penjuru Dunia dan ke Indonesia pemerintah secara resmi release awal maret 2020 sudah ada yang positif COVID 19.  Namun pada kenyataannya di bulan februari 2020 beberapa perusahaan sudah mengambil tindakan dengan cara Work Form Home (WFH). Beberapa perkantoran Ada yang mulai tanggal 17 februari 2020 WFH tahap I. sementara release pemerintah baru di awal maret 2020 jadi memang ada perbedaannya. Management di kantor kami pun pada tanggal 28 Februari 2020 melakukan WFH hingga postingan ini gue publish.

Walaupun beritanya sudah menakutkan tetap saja masih banyak warga Negara kita yang anggap virus ini biasa saja. Masih belum peduli terhadap kebersihan. Dan masih banyak warga yang bilang “ Orang Indonesia mah kebal sama Virus, santuy (santai) saja!!!”. Dan bener saja, masih banyak warga yang tidak mengikuti anjuran pemerintah seperti cuci tangan habis dari Luar, menggunakan Masker, ganti baju atau mandi kalau baru dari Luar, menghindari kerumunan, kumpul keluarga, tidak mengadakan kegiatan keagamaan. Sejak dinyatakan adanya virus di Indonesia hingga sekarang sudah dari 140.000 kasus dan dinyatakan meninggal sudah 6.000an Orang sejak tulisan ini gue publish.

Dampak Pandemic COVID 19

Dampak yang luar biasa terjadi di semua sektor bidang bisnis tidak ada yang tidak terdampak. Bahkan beberapa Negara dinyatakan resesi akibat lesunya ekonomi. Pertumbuhan rata-rata ekonomi Negara di Dunia  dinyatakan minus, bahkan Negara kita di Quartal II tahun 2020 dinyatakan Minus. JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan, produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II-2020 minus hingga 5,32 persen Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pertumbuhan Ekonomi RI Minus 5,32 Persen pada Kuartal II-2020.

Beberapa ekonom juga memprediksikan di Quartal III kondisinya bisa mungkin sama. Para pengusaha memutar otak agar perusahaannya tetap survive mulai dari potong biaya yang kurang produktif. Dan beberapa perusahaan yang tumbang  mengakibatkan pengangguran dimana-mana. Masih banyak dampak lain dari pendemic ini seperti Sekolah ditutup,industri hiburan, pariwisata, penerbangan, perbankan, jasa hiburan, Restoran, ekspor-impor, dll masih banyak lagi yang lain.

Dampak Positif Pandemic COVID 19

Semua orang selalu mengatakan bahwa kejadian yang menimpa umatNya akan mendatangkan kebaikan. Begitu juga dengan kejadian pandemic ini ada juga sisi positif yang kita sadari dampak positifnya. Setelah di berlakukan WFH ( Work From Home) membuat orang tua menjadi dekat dengan keluarga. Mungkin belum pernah terjadi karena terlalu sibuk bekerja. Untuk kegiatan ibadah, semua dilakukan harus di rumah. Gue rasa ini juga awal kebaikan bagi keluarga untuk mendekatkan diri sekeluarga ke pada Tuhan Yang Maha Pencipta. Untuk keluarga yang dulunya renggang karena kesibukan bisa jadi makin dekat satu sama lain karena tiap hari di rumah. Bisa jadi suami or istri yang punya selingkuhan bisa terbongkar karena gak bisa keluar cari-cari waktu selngkuh :P. masih banyak sisi positif dari kejadian ini.

Harapan kedepannya setelah Penemuan vaksin COVID 19

Tulisan ini sebenarnya hanya kulitnya saja karena gue bukan ahli di bidang ekonomi yang paham secara detils. Namun harapannya semoga vaksin Covid-19 ini segera ditemukan agar dunia kembali aman. Memang sih akan ada perubahan kebiasaan masyarakan sebelum pandemic ini dan setelahnya. Contoh kebiasaan sehat rajin mencuci tangan akan menjadi rutinitas kedepannya. Akan makin banyak orang olah raga menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit apapun yang sifatnya menyerang daya tahan tubuh. Para pembaca yang budiman, semoga sehat selalu ya… God Bless y’all.

Belajar Nabung dulu baru Investasi bagi Para perencana Keuangan

Hallo apa kabar teman-teman? semoga sehat semua ya, Amin!

Kali ini gue akan berbagi pengalaman mengenai pentingnya ilmu belajar menabung buat gue/loe. Sebenarnya lima tahun yang lalu, gue sudah mulai menerapkan hidup menabung walau nominalnya masih kecil dengan tujuan agar pengeluaran bisa di Rem. Dan saat itu belum ada niat untuk belajar tekun/wajib menabung  apalagi masuk tahap selanjutnya yakni Investasi uang. Investasi memory sih sudah lumayan dengan jalan-jalan :P. Nyisain uang Rp.100.000 s/d Rp.500.000 perbulan susahnya minta ampun kayak mau mati rasanya. Padahal uang itu nantinya untuk kita juga lhoo. Alasannya pasti pasti banyak, salah satunya : “Tunggu selesai bayar kewajiban dulu deh baru nabung, tar dulu deh banyak kebutuhan!. Nah konsep basi alias konsep bodoh inilah yang selalu menguasai kita. Bener gak?.

Belajar Nabung

Cara paling jitu mendisplinkan loe menabung adalah pada saat terima income langsung pindahkan deh ke rekening berbeda. Namun pastikan rekening tsb susah di cairkan dengan fasilitas seperti tabungan rekening Umum. Contoh tabungan yang tidak ada ATM dan juga Internet Bankingnya. Kenapa?  karena kemudahan fasilitas  tadi bisa bikin tangan lo gatel dan akhirnya kuras tabungan. Hasilnya gagal belajar nabung deh :(. Kalau memindahkan juga susah di lakukan, better auto debt saja ke rekening ini. set sesuai tanggal gajian. yang paling penting di camkan adalah bahwa duit itu untuk loe nantinya. Ikhlasin dulu di simpan alias di pindahkan uang loe. kalau belum ikhlas, yakin metode macam apapun yang di sarankan tetap tidak mempan. ada cara lain selain ini? monggo saja dan buat senyaman lo.

TABUNGANKU tanpa ATM dan Internet Banking.

Rata-rata bank besar saat ini punya jenis tabungan yang bernama TABUNGANKU dan tabungan ini sudah disahkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2013 sebagai kampanye Gerakan Indonesia Menabung. Bayangkan guys, sudah 6 tahun kampanye jenis tabungan ini dilakukan gue baru ngeh akhir-akhir ini. Lima tahun yang lalu, gue malah buka rekening Umum dengan biaya admin yang lumayan mahal. Padahal bunga yang kita dapatkan  jauh lebih kecil dari Biaya admin bulanan. Biaya admin bulanan atau biaya tabungan Rekening Umum rata-rata Rp.10.000 s/Rp.17.000 per bulan. Mari kita lihat perbandingannya dengan bank/tabungan Umum :

tabunganku;jenistabunganku;tabungankubankBI;biayaadmintabunganku

Tabunganku Lebih murah vs Tabungan Umum

Manfaat menabung di TABUNGANKU

Tentu melihat biaya yang kita keluarkan akan membuat kita semangat dalam menabung karena sudah tidak perlu biaya admin yang mahal.

Kekurangan menabung di Tabunganku

Setiap produk yang kita gunakan baik barang dan jasa pasti memiliki kekurangan. Begitu juga Produk Tabunganku Rata-rata rekening ini tidak bisa di buka auto debt pembayaran bulanan atau auto debt untuk asuransi, Reksa dana, DPLK atau semua jenis yang berbau auto Debt. Namun ada beberapa yang sudah bisa auto debt seperti bank BJB sudah bisa auto Debt untuk DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). selain itu, jika selama 6 bulan tidak ada transaksi dan tidak adalagi saldo, otomatis di tutup.

Terlepas kekurangan yang dimiliki oleh Tabunganku, tetapi bagi gue suatu solusi untuk belajar menabung dengan ketat. Bahkan saat ini gue bikin dua Tabunganku lho dengan Bank Yang berbeda. 1 Tabunganku di BJB dan 1 Tabunganku di BNI. Di BJB gue jadikan DPLK (Dana Pensiun Kembaga Keuangan) dan di BNI gue jadikan Dana Darurat saja. Pertimbangannya ya itu, biaya admin bulanan free dan gue gak sembarangan ambil duitnya. Secara kalo ada ATM bakal habis juga :D.

Selain itu guys, gue sudah mulai juga yang namanya investasi. Dan akan gue bahas kira-kira apa jenis, manfaat, plus minus investasi yang gue ambil. Itu saja sih semoga kita makin sadar menabung ya coi….!

 

LIBUR LEBARAN DI JAKARTA? NGAPAIN AJA?

Photo kolam renang Jakarta ; Kolam Renang Jakarta ; swimmingpooljakarta

Kira-kira kegiatan apa yang bisa dilakukan  jika kita tidak mudik atau tidak liburan ketempat lain pada saat lebaran?. Hmm bagi kita yang tinggal di kota besar seperti Jakarta pasti kesulitan mencari kegiatan  atau mencari lokasi dengan nuansa liburan. Yukk kita intip kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk merubah suasana menjadi suasana liburan.

1.Menginap di Apartmen (Cari apt sewaan harian)
Bagi anda yg tinggal di rumah (rumah tapak) menginap di Apartmen mungkin kita akan mendapatkan suasana yang berbeda. Mengapa berbeda? ya karena ada beberapa fasilitas yg tidak ada dirumah kita, namun kita bisa dapatkan di Apartemen yang kira sewa atau rental. Apalagi Apartemen di dearah Jakarta saat ini menawarkan berbagai fasilitas bagi kita yang belum memilikinya.
2.Menginap di Hotel
Bagi anda yang tinggal di Apartemen mungkin tidak elok lagi kalau nginap di jenis apartemen yang sama. Dengan ini, memilih hotel sebagai pencarian suasana baru bisa dilakukan.
Fasilitas untuk Have Fun
Kalau lo sudah tentukan mau nginap dimana, jangan lupakan fasilitas pendukung liburan anda. Karena inilah yang membuat suasana semakin meriah & berkesan. Contoh Fasilitas Apartemen / Hotel: Kolam Renang, Taman-taman cantik, Tempat Gym, dll. Selain itu, mungkin penginapan tsb connecting to mall. banyak sekali Hotel/Apartemen yang terkoneksi dengan mall saat ini. Dan bahkan itu jadi salah satu jualan atau alat bantu promosi dari Developer.
Harga penginapan di Jakarta menurun
Menjelang hari raya Idul Fitri, rata-rata harga penginapan baik Hotel atau Apartemen harian di Jakarta lumayan menurun. Hal ini terjadi karena permintaan atau demand pengguna jasa Hotel/Apartemen berkurang. Nah kesempatan itu harus di manfaatkan guys.
Libur Lebaran kali ini kami habiskan di salah Apartemen daerah Depok – Jawa Barat. Memilih menginap selama dua hari dengan keluarga yang kita sayangi bagi kami sangat berkesan. Hari pertama malas-malasan, Berenang, Tidur-tiduran tidak jelas :D. Hari kedua (pas lebaran) jalan-jalan ke mall sambil Nonton. setidaknya kelelahan yg kita alami selama bekerja lumayan rilex beberapa jam. Dan gue yakin sekecil apapun itu, kalo kita cari suasana berbeda akan menjadi berkesan. Nah begitulah kira-kira kegiatan yang bisa kami lakukan walau kurang berfaedah bagi sebagian orang. “ Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf Lahir & Bathin” teman-teman yang merayakan.

 

Hore dapat Hadiah Voucher MAP dari Bank Danamon Indonesia

Operator : “Pa,,, ada paket dari Danamon ya… nanti diantar sama OB”

Gue : “Paket apaan”?

Operator : “Katanya Voucher MAP dari Danamon”.

Gue : “ oh ya udah deh,gpp kirim kesini saja ya mbak”. <Sambil bingung, siapa tau Kartu kredit tambahan, kan kezelll kalo tambah kartu yang gak di konfirmasi>

Hmm… lihat tampilannya persis kan kayak pengiriman kartu kredit. Setelah pegang, kok ngak ada kartunya.

inactiveVisaandMastecardDanamonIndonesia

Datangnya pun mencurigakan, iya kan???

Reward dan Promo Bank Penerbit Kartu Kredit

Berbabagai kreatifitas yang di munculkan oleh team marketing dari sebuah produk maupun jasa bagi para customernya. Promosi pun berbagai cara dilakukan ditengah persaingan produk kartu kredit yang sengit. Kira-kira apa sih Reward dan promo-promo dari bank Penerbit saat ini  ?

1.Cash Back  up to sekian %.

Biasanya diberikan promo dari tanggal sekian ke sekian dan biasanya ada minimum transaksi di tanggal yang sudah ditentukan.Jika berhasil maka mendapatkan Cash back.

2.Cicilan tanpa bunga.

Pada saat kita melakukan transaksi, biasanya Call Centre Bank langsung hubungi untuk dilakukan cicilan dan tanpa bunga.

3.Free annual fee seumur hidup

Promo ini dilakukan pada saat kita mengajukan kartu kredit baru atau kartu kredit yang berbeda dari yang kita punya sebelumnya. Nah untuk menyamankan customer maka di berikan promo Free annual fee seumur hidup. Yang gue tau baru CIMB niaga yang punya.

4.Mudah limitnya di upgrade.

Beberapa permintaan nasabah untuk upgrade limit sangat susah dilakukan. Namun saat ini ada beberapa bank penerbit mempermudah upgrade limit. dsb.

Dan Tentu promo dan reward tsb sering kita abaikan karena tidak ada kesannya. Bagaimana jika diberikan dengan bentuk amplop? seperti yang gue terima kali ini?

jreng-jreng-jreng…. ternyata benar ada Voucher MAP Senilai RP. 100.000. Isi suratnya adalah gue terpilih pemenang Program Inactive Visa dan Mastercard Danamon.yang entah program apa itu.

Program_inactive_VisaandMastercardDanamonindonesia

Jangan Lihat Nilainya, jika merasa kasiahan transfer lagi aja ke Rekening gue :D.

Gue kurang paham, apakah program “Inactive Visa dan Mastercard Danamon” merupakan salah satu reward, Promo atau semacam hadiah tahunan? dari namanya, ambigu gak sih ?. Terimakasih Bank Danamon :D.

Taart Murah di Holland Bakery

Happy birthday, Happy birthday, Happy birthday, to you………!!!

Lagu yang singkat dan penuh makna tersebut menjadi lagu semua orang di bumi ini ketika merayakan ulang tahun seseorang. Bahkan tidak hanya dengan manusia, lagu tsb di nyanyikan. Untuk memperingati hari terbentuknya sebuah instansi atau organisasi menyanyikan lagu tsb dan potong kue.

Kemeriahan acara ulang tahun kita atau ulang tahun yang kita kunjungi tergantung dari fasilitas dari yang punya event. Ada yang habisin hingga ratusan juta rupiah, dan bahkan ada yang sangat sederhana sekalipun. Sesederhana hari ulang tahun yang kita rayakan dengan keluarga, kekasih, sahabat, rekan kerja pasti akan ada yang namanya kue Taart. Kue Taart saat ini berbagai macam jenisnya dan bentuknya pun beragam seiring berjalannya kebutuhan customer. Tergantung selera kita :).

Terkadang pada saat kita ingin menginginkan kue Taart dengan jangkauan kocek kita, kue Taart tersebut tidak ada di kota kita yang mana harus ganti dengan Taart Lokal yang kurang lo minati. Sedih sih kadang-kadang karena hari special itu kudu di meriahkan. Namun jangan khawatir Holland Bakery solusi dari ke galauan kalian.

Holland Bakery Ada disetiap Kota.

Holland Bakery ini sudah menjamur di berbagi kota besar dan juga Kecil Termasuk di Kota Depok sudah ada beberapa cabang Holland Bakery. Jadi bagi anda yang stay di Depok jangan khawatir kalau mau beli kue Taart ulang Tahun di Depok dengan budget minim bisa langsung ke Holland Bakery. Ayo kita intip harga kue Taart di Holland Bakery Depok.

tartulangtahunmurah;tartmurahdidepok;tartmurahdiUI

Aneka Taartnya banyak kan

Black Forest_ Blackforesttart_ kue Tart murah ulang tahun _ kueulangtahunmurahdepok

Black Forest Holland Bakery

mocca tart

Favotir juga yang ini

Nah Gimana, apakah masih bingung cari Taart yang mahal?  happy shopping!

 

Cara Merubah Kartu keluarga Kendaraan dan Cara menghitung Pajak progresif Kendaraan

Cara Merubah Kartu keluarga Kendaraan dan Cara menghitung Pajak progresif Kendaraan

*Lokasi di Kantor Samsat

Untung : pak, kok mahal banget Pajak kendaraan saya?

Petugas samsat : <sambil lihat data> oh iya mas, dikarenakan mas sudah punya empat motor.

Untung : lah, motor saya baru satu kok. Pajaknya pun paling 200rb an lebih karna masih baru.

Petugas samsat : <liat di system> oh mas nya pakai KK (kartu keluarga) siapa pada saat beli kendaraannya? Dan saat ini masih pakai KK siapa?

Untung : saya ngikut KK ipar saya pak.

Petugas Samsat : oh betul, karena di KK ini sudah terdaftar 5  motor dan masih aktif semua. Otomatis kena pajak progresif.

Hmm.. melihat pembicaraan antara Untung dan petugas maka pajak progresif kendaraan sekarang sudah mengacu ke Kartu Keluarga (KK). Contoh dalam Kartu keluarga tersebut ada banyak kendaraan maka akan tinggi pula pajak untuk kendaraan terakhir atau yang baru dibeli.

Cara menghilangkan pajak Progresif Kendaraan bermotor / Mobil

Untuk menghilangkan pajak progresif sebenarnya tidak ada caranya. Namun coba ada beberapa langkah yang bisa dilakukan jika lo numpang ke Kartu Keluarga yang mana lo sendiri belum punya Kartu Keluarga. Biasanya anak rantau selalu numpang Kartu keluarga ke rumah yang ditempati. adapun alasannya untuk mempercepat surat menyurat atau alamat mengurus dokumen yang membutuhkan alamat tempat tinggal.

  1. Pertama, coba tanyakan ke pemilik Kartu Keluarga, apakah masih ada kendaraan yang sudah di jual / Hilang namun masih aktif pajaknya.

Contoh : Ipar Untung memiliki 4 kendaraan sesuai data kepolisian. Namun 2 unit sudah di jual tetapi belum balik nama. Disini lo bisa kasih tau ke pemilik KK agar di hilangkan dari KK dengan cara balik nama ke pembeli.

  1. Kedua Buat Kartu keluaga baru. Memang bisa buat KK baru di Rumah yang sama? tapi gue masih single?

Jawabannya bisa!. Artiannya jika KK lo berdiri sendiri yang mana mengacu ke KTP, otomatis pajak yang lo bayarkan TIDAK KENA PROGRESIF dan masih terhitung satu kendaraan.

Berapa biaya pajak Progresif kendaraan di Ibukota Jakarta?

Data Tribunnews. Berdasarkan draf Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2015, tarif pajak yang dikenakan terhadap pemilik kendaraan pribadi adalah sebagai berikut:

  • Kendaraan pertama besaran pajaknya 2 persen.
    • Kendaraan kedua besaran pajaknya 2,5 persen.
    • Kendaraan ketiga besaran pajaknya 3 persen.
    • Kendaraan keempat besaran pajaknya 3,5 persen.
    • Kendaraan kelima besaran pajaknya 4 persen.

Bagaimana cara agar kendaraan kita mengacu ke Kartu Keluarga (KK)?

Tahun lalu gue masih mengikut ke Kartu Keluarga Kakak gue. Nah, karena kondisinya sama dengan Untung diatas maka tahun ini gue pecah. Tahun lalu kalau tidak salah biaya pajak gue lumayan mahal karena kena progresif lebih dari Rp. 400.000 yang harus gue bayar. Nah Tahun ini karena sudah pecah Kartu keluarga, tentu gue tidak kena pajak progresif dan nilai obyek pajak gue hanya dua ratusan. Jika Kartu Keluarga baru sudah ada, NIK (Nomor Induk Kependudukan alias KTP) kita langsung ngelink ke Data samsat yang mana jelas terlihat sudah pisah kartu Keluarga. Jadi tidak perlu di urus perubahan KK nya karena samsat sudah rubah secara otomitis.

Cara melihat STNK pajak Progresif. 

Caragantikartukeluarga;caramenggantikartukeluarga;gantiSTNKkartukeluarga

Jika tandanya 001 Berarti Pada Kartu Keluarga Tersebut baru memiliki 1 Kendaraan. Coba Cek STNK lo.

Setelah membaca ulasan ini, maka lo dah tau caranya menghilangkan besarnya pajak progresif kendaraan yang lo miliki. Tapi kalo kendaraan lo branded and limited edition, malu kali akhh menghindari progresif. Masa beli kendaraan mahal mampu tapi bayar pajak masih mikir-mikir :P. #canda akhh#.

Pengalaman Cara Pengecekan BI Checking atau cara mengecek SLIK (sistem layanan informasi keuangan) atau cara mengecek SID (Sistem Informasi Debitur)

Hi guys.. kali ini gue mau berbagi pengalaman Cara Pengecekan BI Checking atau cara mengecek SLIK (sistem layanan informasi keuangan) atau cara mengecek SID (Sistem Informasi Debitur). Sebenarnya bagi lo pengguna fasilitas kredit dari perbankan baik Credit Card, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit perumahan, atau program kredit yang di terbitkan oleh bank tertentu, pasti sudah paham tujuan BI Checking atau SID ini. Bahkan bahasa sehari-hari bagi orang kantoran sudah sangat-sangat familiar kata ini.

Apa yang di maksud dengan BI Checking?

Gue kasih tau saja bahasa gaulnya aja ya. jadi yang di maksud dengan BI Checking / SID (Sistem Informasi Debitur) merupakan informasi status pembayaran hutang kita di bank lancar atau tidak lancar.

Status Lancar BI Checking

Nah ibarat kata penghargaan Aktor/Aktris yang ingin mendapatkan “Award pembayaran TERLANCAR” kira-kira seperti itulah predikat yang akan kita capai pada BI Checking atau SLIK selama kita punya kredit di Bank. Kenapa? Karena STATUS KREDIT inilah yang jadi penilaian dari Bank untuk Approval peminjaman kita ke Bank. Ya.. kalo lo mampu dan gak perlu berasa butuh bank untuk membeli Rumah, Mobil, KTA tanpa pinjam, bersyukur banget. Tetapi kalo bakal ada plan minjam ke Bank status BI Checking inilah syaratnya. Jika lancar maka 70% keatas sudah yakin approved. Tetapi jika status BI Checking or SLIK lo jelek/tidak lancar apalagi sudah blacklist, gak bakal bisa minjam dan gak bakal bisa bikin Kartu Kredit.

Mengapa harus cek BI Checking?

Sebenarnya bagi yang tidak memiliki kartu kredit atau cicililan di Bank tidak perlu melakukan pengecekan ini. Tetapi yang perlu dipastikan data lo tidak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi zaman now banyak sekali penipuan, bisa saja data lo digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Gak lucu dong, tiba-tiba ada data credit di salah satu Bank yang nota bene lo tidak pernah ajukan kredit:P.

Dimana melakukan pengecekan BI Checking / Dimana pengecekan SLIK?

Untuk saat ini pengecekan BI Checking hanya bisa dilakukan di kantor OJK dan harus datang langsung. Sebelumnya pengecekan BI Checking oleh Bank Indonesia dan per Januari 2018 sudah full dikelolah oleh OJK (otoritas Jasa keuangan).

Cara Cek BI Checking Online / Cek SLIK secara Online?

Untuk saat ini fasilitas BI Checking / SLIK belum bisa Online dan hanya bisa offline dengan cara datang langsung ke kantor OJK di komplek Bank Indonesia untuk daerah Jakarta. Untuk luar Jakarta, gue kurang paham. Coba lo tanyakan ke Call center OJK (021) 29600 000.

alamatojk; alamat SLIK OJK; Cek BI Cekin ; cek SLIK;Cara Cek BI Checking

ini info dari IG OJK ya…

Dokumen Pengecekan BI Checking / Dokumen pengecekan SLIK.

Dokumen yang di butuhkan cek BI Checking / SLIK hanya bawa identitas KTP saja ya. Nah karena penjagaan ke Lokasi Bank Indonesia super ketat, maka siapkan dokumen lain seperti SIM untuk jaminan di Pintu masuk.

Pengalaman Cerita Sedih dari Seorang Teman gegara cuek soal BI Cheking / SLIK.

Katanya teman gue ini pernah ditawarin Kartu kredit dengan free annual fee selama  1 tahun. Dan lumayan juga annual feenya sekitar Rp700.00an. wow.. kartunya platinum ke atas dong ya? Ya.. dong !. Teman gue sebenarnya sangat alergi yang namanya Kartu kredit. Tetapi gegara waktu itu di kasih boneka lucu dan goodie bag, maka dia ajukan saja. Dan ternyata kartu tsb tidak pernah di gunakan sama dia. Setelah lebih satu tahun, datanglah tagihan ke dia untuk bayar annual feenya. Tetapi karna dia merasa tidak pakai kartu tsb, diabaikan saja tanpa selesaikan permasalahan ke Pihak Bank. Apa yang terjadi teman-teman? Akhirnya nama dia jelek karena di anggap punya utang tetapi tidak mampu bayar. Hellow.. tidak mampu bayar? Buat teman gue ini mah kecillll :P. Kok ketahuan kalau doi punya masalah di BI Checking / SLIK? Jadi ceritanya doi sudah jatuh cinta sama satu rumah second di Jakarta. Dan harga dengan pemilik rumah juga sudah OK. Karena doi memang minta bantuan ke Bank melalui KPR. Tetapi doi sangat kaget karena status kredit dia jelek dan tidak pernah bayar tagihan. Nah .. lo? Kaget gak sih? Nah si doi langsung deh bombardir tuhh Bank. Makanya sekarang jangan mau ajukan kartu kredit kalo emang tidak digunakan. Karena annual fee sekarang akan keluar secara otomatis baik digunakan atau tidak digunakan sejak di cetak.

Daripada lo mengalami hal yang sama, better cek status kredit lo di BI Checking atau di SLIK. Seperti yang disarankan oleh petugas SLIK, alangkah baiknya di cek secara berkala 2 kali setahun.

Cek BI Cekin ; cek SLIK;Cara Cek BI Checking

Nah ini penampakan hasil SLIK dari OJK. itu ada 4 point yang harus lo perhatikan. nanti juga akan di jelaskan oleh petugas OJK. dan yang buletin petugas OJK nya ya…

Positif mengintip atau Kepo in Sosmed Orang Lain

hallo guys, selamat menjalankan ibadah puasa bagi rekan-rekan yang menjalankan ibadah puasa. semoga puasanya lancar jaya… amin.

Yukk kali ini gue mau ngebahas hasil positif mengintip / kepoin Sosmed (Sosial Media) orang lain. Gue rasa banyak sekali orang melakukan hal ini dengan tujuan yang berbeda-beda. Namun apakah kepoin / intip sosmed orang ada positive nya atau hanya negative?

menurut gue, di zaman sekarang sangat mudah mencari personal seseorang yang ingin kita selidiki soal kehidupan pribadinya. ya.. walau emang ada yg gak mau copy details dirinya ke sosmed supaya orang gak tau. Contohnya: Stay di Indonesia namun di INFO Sosmed stay di Zimbabwe, ketika bepergian nggak pernah Posting apapun, perasaan suasana hati tidak dipuaskan ke Sosmed baik happy or sad. Bisa saja Susana hati sedang buruk or lagi happy tetapi yang dipost berlawanan arah dengan keadaan saat itu. Nah kalau yang seperti ini agak susah di tebak. Tetapi kalau identitas dirinya sudah di copy Sosmed sangat gampang menilai kehidupan orang tsb. Apalagi postingannya menghina orang, menjelekkan orang lain, sudah pasti kita bisa tau orang tsb seperti apa!

fyi, teman gue bekerja sebagai Human recruitment disalah satu perusahaan besar. Pekerjaan dia tentu sudah berhubungan dengan recruitment. Filter pertama yang dia lakukan adalah mencari tau identitas orang tsb dari internet. Kalo si kandidat tsb beritanya kriminal pasti teman gue langsung blacklist dan tidak diproses.

begitu juga dengan gue, lumayan sering kepoin orang yang pajang promo-promo menarik di group yang gue suka. salah satunya group travelling, banyak banget anggota group yang share mengenai promo dari berbagai jenis seperti : promo peralatan travelling, promo tiket, promo online shop, step by step untuk mengurus dokumen perjalanan, dll. Biasanya yang gue lakukan langsung visit tuhh account yang posting promo. Kalau sering kasih informasi langsung deh gue follow.

Ya.. moga-moga public semua postingannya. kan gak lucu gue add as a friend yang nota bene dia gak kenal gue? Hahahaha.

 

Harga Promo tiket ; PromoTiketLebaran2018

Nah ini Accoutnya gue kepoin setelah doi post di group. hahahahah

PromoTiketLebaran2018

Nah ada orang Post di Group.. kepoin aja. jadi tau maskapai bisnis murah.

Caraajukanantrianpaspor

Kebetulan Mau ganti Paspor Sodara ke Elektrik. jadi tau dehh.

jadi kepo itu gak selamanya negatif ya.. positifnya banyak banget seperti yang gue uraikan di atas. tergantung cara kita saja menggunakan “kata KEPO” tsb apakah untuk positif or negatif. bagaimana dengan lo, apakah sering melakukan seperti gue? sharing dong guissss.

 

Pengalaman lapor SPT dengan online atau menggunakan e-filing dan solusi SPT Tahunan anda tidak lengkap!!!

Pelaporan SPT bagi warga Negara Indonesia sudah menjadi agenda tahunan tepatnya di bulan maret setiap tahunnya. Hal ini sudah menjadi kewajiban kita untuk melaporkan pajak yang kita miliki. Dulu kalau kita ke kantor pajak di bulan maret minggu pertama dan kedua masih lumayan sepi. Namun tengoklah pada minggu ketiga dan empat maret setiap tahunnya pasti yang terjadi adalah antrian panjang dan nomor antrian sudah diangka ratusan. Ya lo tau dong yang namanya hari terakhir kalau di Indonesia pasti heboh. Pun di awal sudah di info tanggalnya dari sekian hingga tanggal sekian, tetap aja tanggal terakhir pilihan paling tepat (nyinyir ke diri sendiri :P).

Mungkin melihat drama yang terjadi tiap tahun itu membuat dirjen pajak merubah pelaporan SPT manual menjadi Elektronik. Jika dibandingkan dengan Negara lain mungkin kita sudah tinggal kejauhan, namun perlu di apresiasi perubahan yang dilakukan oleh Dirjen Pajak ini. Banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan jika pelaporan SPT online. Dengan SPT Online ini jujur No ribet!!!.

Tidak perlu Antri isi SPT di kantor Pajak

Perubahan dari manual ke online sangat bermanfaat bagi kita masyarakat indonesia. Mengapa tidak, untuk isi melaporkan ke kantor pajak bisa menghabiskan waktu satu harian. Sebenarnya prosesnya tidak lama sih, tetapi antrinya yang bikin kita jadi lama. Dengan pelaporan SPT secara online tidak perlu datang ke kantor pajak cukup dengan akses https://djponline.pajak.go.id/account/login di  computer/laptop, input data angka yang mau dilapor, SELESAI. Simple bukan?? yah… walau memang ada sedikit kendala-kendala kecil ketika submit pajaknya, namun bisa teratasi kok. kira-kira ini yang sering lo temukan dalam dunia per Efilling an dirjen pajak :

Bagaimana cara mendapatkan E-Filing?

E-filling di dapatkan di semua kantor pajak seluruh Indonesia. Dan yang bisa menerbitkan E-filling hanya petugas Pajak.

Isi SPT online server busy

Pernah alami hal inikah?. dulu sering terjadi, namun sekarang ini sudah jarang sih. coba lagi aja di jam tidak sibuk, pasti bisa.

Isi SPT Error : SPT Tahunan anda tidak lengkap

Pesan error SPT Tahunan ada tidak lengkap baru pertama kali gue temukan. Nah ternyata yang bikin pesan error seperti ini muncul karena  pada halaman harta & utang tidak lo isi. Nah itu berarti lo harus isi aja harta yang lo miliki (contoh : motor, mobil, invest,dll). Begitu juga dengan utang harus lo isi, Jadi jangan kosong.

Isi SPT Error : SPT Tahunan anda tidak lengkap kurang bayar

SPT Tahunan anda tidak lengkap ; isi SPT tidak bisa

SPT Tahunan anda tidak lengkap

SPT Tahunan anda tidak lengkap kurang bayar, sebenarnya mungkin saja tidak. Untuk memastikan itu tidak ada coba cek halam konfirmasi pendapatan Neto dan jumlah bayar pajak sudah Nihil. Jika status sudah Nihil, balik ke cek halaman harta dan utang yang harus lo isi.

Ini adalah tahun ketiga gue ngisi SPT dengan online, manfaat diatas sangat gue rasakan. Jadi masih mau antri padahal ada jalur cepat? Kembali ke diri masing-masing :P. oh iya, selain pesan error diatas, apakah lo pernah temuin kasus yang berbeda? Bisa di info juga gak solusinya? Atau jangan –jangan lu gak bayar pajak pulak 😛