Oh… COVID 19 bikin rusuh aja!!!

Pandemic COVID 19

Respon pertama kali dengar berita adanya pandemic yang bernama virus Corona dari Wuhan China dan WHO merelease nama wabah ini menjadi COVID 19 secara pribadi respon gue biasa aja. Gue anggap zaman sekarang mah lebay kadang-kadang beritanya di lebih-lebihkan. Bahkan kalo kita lihat kejadian-kejadian viral social media sebenarnya kebanyakan berita tidak mutu. Contohnya seorang gadis mukbang dengan sabun mandi  yang di makan!, ada yang ber make up dengan alat bantu balon untuk di tacap ke wajahnya!, ada juga berita artis yang berantem walau hanya settingan dan jadi viral, dll. Dari situ gue merasa paling berita-berita virus ini hanya berita lebay.

Namun dari januari berita wabah ini makin tersebar ke seluruh penjuru Dunia dan ke Indonesia pemerintah secara resmi release awal maret 2020 sudah ada yang positif COVID 19.  Namun pada kenyataannya di bulan februari 2020 beberapa perusahaan sudah mengambil tindakan dengan cara Work Form Home (WFH). Beberapa perkantoran Ada yang mulai tanggal 17 februari 2020 WFH tahap I. sementara release pemerintah baru di awal maret 2020 jadi memang ada perbedaannya. Management di kantor kami pun pada tanggal 28 Februari 2020 melakukan WFH hingga postingan ini gue publish.

Walaupun beritanya sudah menakutkan tetap saja masih banyak warga Negara kita yang anggap virus ini biasa saja. Masih belum peduli terhadap kebersihan. Dan masih banyak warga yang bilang “ Orang Indonesia mah kebal sama Virus, santuy (santai) saja!!!”. Dan bener saja, masih banyak warga yang tidak mengikuti anjuran pemerintah seperti cuci tangan habis dari Luar, menggunakan Masker, ganti baju atau mandi kalau baru dari Luar, menghindari kerumunan, kumpul keluarga, tidak mengadakan kegiatan keagamaan. Sejak dinyatakan adanya virus di Indonesia hingga sekarang sudah dari 140.000 kasus dan dinyatakan meninggal sudah 6.000an Orang sejak tulisan ini gue publish.

Dampak Pandemic COVID 19

Dampak yang luar biasa terjadi di semua sektor bidang bisnis tidak ada yang tidak terdampak. Bahkan beberapa Negara dinyatakan resesi akibat lesunya ekonomi. Pertumbuhan rata-rata ekonomi Negara di Dunia  dinyatakan minus, bahkan Negara kita di Quartal II tahun 2020 dinyatakan Minus. JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik ( BPS) melaporkan, produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II-2020 minus hingga 5,32 persen Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pertumbuhan Ekonomi RI Minus 5,32 Persen pada Kuartal II-2020.

Beberapa ekonom juga memprediksikan di Quartal III kondisinya bisa mungkin sama. Para pengusaha memutar otak agar perusahaannya tetap survive mulai dari potong biaya yang kurang produktif. Dan beberapa perusahaan yang tumbang  mengakibatkan pengangguran dimana-mana. Masih banyak dampak lain dari pendemic ini seperti Sekolah ditutup,industri hiburan, pariwisata, penerbangan, perbankan, jasa hiburan, Restoran, ekspor-impor, dll masih banyak lagi yang lain.

Dampak Positif Pandemic COVID 19

Semua orang selalu mengatakan bahwa kejadian yang menimpa umatNya akan mendatangkan kebaikan. Begitu juga dengan kejadian pandemic ini ada juga sisi positif yang kita sadari dampak positifnya. Setelah di berlakukan WFH ( Work From Home) membuat orang tua menjadi dekat dengan keluarga. Mungkin belum pernah terjadi karena terlalu sibuk bekerja. Untuk kegiatan ibadah, semua dilakukan harus di rumah. Gue rasa ini juga awal kebaikan bagi keluarga untuk mendekatkan diri sekeluarga ke pada Tuhan Yang Maha Pencipta. Untuk keluarga yang dulunya renggang karena kesibukan bisa jadi makin dekat satu sama lain karena tiap hari di rumah. Bisa jadi suami or istri yang punya selingkuhan bisa terbongkar karena gak bisa keluar cari-cari waktu selngkuh :P. masih banyak sisi positif dari kejadian ini.

Harapan kedepannya setelah Penemuan vaksin COVID 19

Tulisan ini sebenarnya hanya kulitnya saja karena gue bukan ahli di bidang ekonomi yang paham secara detils. Namun harapannya semoga vaksin Covid-19 ini segera ditemukan agar dunia kembali aman. Memang sih akan ada perubahan kebiasaan masyarakan sebelum pandemic ini dan setelahnya. Contoh kebiasaan sehat rajin mencuci tangan akan menjadi rutinitas kedepannya. Akan makin banyak orang olah raga menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit apapun yang sifatnya menyerang daya tahan tubuh. Para pembaca yang budiman, semoga sehat selalu ya… God Bless y’all.

4 comments on “Oh… COVID 19 bikin rusuh aja!!!

  1. Avant Garde says:

    Semoga cepet ilang bang virusnya, kangen bumi yg dulu lagi ….

  2. Awalnya sih lelah ya sama pandemi ini haha, lama-lama ya sudah terbiasalah. Aktifitas tetap berjalan namun patuhi aturan pakai masker dan jaga jarak, walaupun dilapangan ttg “jaga jarak” ini semakin tidak dipatuhi haha.. Semoga sehattt ya ito bersama keluarga, btw selama pandemi ga jalan2 sama sekali?.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s