Pengalaman lapor SPT dengan online atau menggunakan e-filing dan solusi SPT Tahunan anda tidak lengkap!!!

Pelaporan SPT bagi warga Negara Indonesia sudah menjadi agenda tahunan tepatnya di bulan maret setiap tahunnya. Hal ini sudah menjadi kewajiban kita untuk melaporkan pajak yang kita miliki. Dulu kalau kita ke kantor pajak di bulan maret minggu pertama dan kedua masih lumayan sepi. Namun tengoklah pada minggu ketiga dan empat maret setiap tahunnya pasti yang terjadi adalah antrian panjang dan nomor antrian sudah diangka ratusan. Ya lo tau dong yang namanya hari terakhir kalau di Indonesia pasti heboh. Pun di awal sudah di info tanggalnya dari sekian hingga tanggal sekian, tetap aja tanggal terakhir pilihan paling tepat (nyinyir ke diri sendiri :P).

Mungkin melihat drama yang terjadi tiap tahun itu membuat dirjen pajak merubah pelaporan SPT manual menjadi Elektronik. Jika dibandingkan dengan Negara lain mungkin kita sudah tinggal kejauhan, namun perlu di apresiasi perubahan yang dilakukan oleh Dirjen Pajak ini. Banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan jika pelaporan SPT online. Dengan SPT Online ini jujur No ribet!!!.

Tidak perlu Antri isi SPT di kantor Pajak

Perubahan dari manual ke online sangat bermanfaat bagi kita masyarakat indonesia. Mengapa tidak, untuk isi melaporkan ke kantor pajak bisa menghabiskan waktu satu harian. Sebenarnya prosesnya tidak lama sih, tetapi antrinya yang bikin kita jadi lama. Dengan pelaporan SPT secara online tidak perlu datang ke kantor pajak cukup dengan akses https://djponline.pajak.go.id/account/login di  computer/laptop, input data angka yang mau dilapor, SELESAI. Simple bukan?? yah… walau memang ada sedikit kendala-kendala kecil ketika submit pajaknya, namun bisa teratasi kok. kira-kira ini yang sering lo temukan dalam dunia per Efilling an dirjen pajak :

Bagaimana cara mendapatkan E-Filing?

E-filling di dapatkan di semua kantor pajak seluruh Indonesia. Dan yang bisa menerbitkan E-filling hanya petugas Pajak.

Isi SPT online server busy

Pernah alami hal inikah?. dulu sering terjadi, namun sekarang ini sudah jarang sih. coba lagi aja di jam tidak sibuk, pasti bisa.

Isi SPT Error : SPT Tahunan anda tidak lengkap

Pesan error SPT Tahunan ada tidak lengkap baru pertama kali gue temukan. Nah ternyata yang bikin pesan error seperti ini muncul karena  pada halaman harta & utang tidak lo isi. Nah itu berarti lo harus isi aja harta yang lo miliki (contoh : motor, mobil, invest,dll). Begitu juga dengan utang harus lo isi, Jadi jangan kosong.

Isi SPT Error : SPT Tahunan anda tidak lengkap kurang bayar

SPT Tahunan anda tidak lengkap ; isi SPT tidak bisa

SPT Tahunan anda tidak lengkap

SPT Tahunan anda tidak lengkap kurang bayar, sebenarnya mungkin saja tidak. Untuk memastikan itu tidak ada coba cek halam konfirmasi pendapatan Neto dan jumlah bayar pajak sudah Nihil. Jika status sudah Nihil, balik ke cek halaman harta dan utang yang harus lo isi.

Ini adalah tahun ketiga gue ngisi SPT dengan online, manfaat diatas sangat gue rasakan. Jadi masih mau antri padahal ada jalur cepat? Kembali ke diri masing-masing :P. oh iya, selain pesan error diatas, apakah lo pernah temuin kasus yang berbeda? Bisa di info juga gak solusinya? Atau jangan –jangan lu gak bayar pajak pulak 😛

Advertisements

16 comments on “Pengalaman lapor SPT dengan online atau menggunakan e-filing dan solusi SPT Tahunan anda tidak lengkap!!!

  1. Wah sudah bisa dibuka lagi blogmu to, waktu itu kenapa kena suspend?.

  2. Dita says:

    udah lapor dari awal Maret donk…..aku warga negara yang bhaiq

  3. Avant Garde says:

    Asek, warga bijak bayar pajak lapor pajak 🙂 Baik bang Silaen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s