Sikit cerita dari Borneo negeri Malaysia Kota Kinabalu part III

Malam itu sengaja kami mengitari lokasi disana untuk mencari kuliner yang sangat terkenal di berbagai majalah travelling. Dan benar saja, kuliner yang kami temukan di pasar Philipino sangat banyak. dan yang sangat menggairahkan adalah makanan seafoodnya. Sepanjang jalan berjejer kuliner yang siap lo santap. Mengenai harga, tidak terlalu Mahal. Bisa dikatakan sedikit lebih murah dibandingkan dengan jakarta. Mungkin karena lokasi ini merupakan lokasi penangkapan Ikan, sehingga harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Di Kuala Lumpur alias di ibukotanya.

Seafood Kotakinabalu ; nandito silaen ; Kuliner Kotakinabalu

Seafoodnya Murah

Seafood Kotakinabalu ; nandito silaen ; Kuliner Kotakinabalu

Sama kyk di Jakarta ada semacam tenda besar 😀

Karena sudah malam, maka saatnya kembali ke penginapan untuk menjautkan di besok hari. Good Night kinabalu!

Pagi yang Indah di Kota kinabalu

Agenda di pagi hari ini ingin menikmati bukit view Kota kinabalu diatas bukit Signal Hill.  Untuk akses keatas dari penginapan kami hanya terbilang dekat dengan jarak 100 Meter. jadi menuju keatas difasilitasi dengan Tangga Papan. ya.. untuk ngetes jantung, bolehlah sama nge tes tulang masih ok apa nggak  :D.

Tangga signal hill; Signal Hill Kotakinabalu

Tuhh Tangganya lumayan bakar kalori 😀

Untuk jumlahnya kami tidak hitung, namun yang pasti sedikit curam bagi para manula alias manusia usia lanjut. Namun tidak hanya itu, banyak juga warga setempat sekedar jogging dan menghirup udara segara di bukit ini. Menikamti udara disini memang sangat menyenangkan di pagi hari. jadi menurut gue lokasi ini wajib anda kunjungi ketika ke kotakinabalu.

Signal Hill Kota Kinabalu _ Hostel in Kota Kinabalu Park copy_Bunibon Hostel

Dari ketinggian Signal Hill. terlihat View Kotakinabalu

Waktunya sudah menunjukkan pukuk 09:00 pagi hari. artinya kami akan melanjutkan jam 10:00 ke kundasang atau Dairy Farm untuk melihat New Zealand KW di Kota Kinabalu. Well, perjalanan bersama 5 orang dengan 4 dewasa dan satu anak kecil yang gue hipnotis di Bandara Kota Kinabalu pada saat mendarat di hari pertama. Jadi total kami bertuju ke Lokasi ini.

Transportasi ke Kundasang / Dairy Farm.

Setelah semua sudah beres saatnya menuju meeting point dengan kelima orang dari negara indonesia juga. jadi ada dua alternatif menuju lokasi ini yakni Rent Car dan juga menggunakan agent Travel. Harga di agent Travell sekitar MYR 160 per orang. Bagaiman dengan Rent Car? Tentu jauh lebih murah. Seperti kami waktu it u dengan jumlah 6 orang, maka per orang hanya kena 80MYR per orang J. So saran gue min 5 orang saja, sudah bisa lebih murah dibanding agent Travell. Tetapi saran gue lebih baik sewa driver sekalian, jangan mau lepas kunci. Satu hal alasan yang cukup kuat adalah tikungan menuju lokasi Dairy Farm. Selain itu kabut jika anda pulang malam dari dairy farm juga penyebab tidak disarankan menyetir sendiri. Tidak terasa setelah melewati jalanan yang berliku dan menanjak tiba juga di Kundasang.

Dinginnya Kundasang.

Segar, dingin menyambut kami waktu itu. Maklum saja tempat ini berada pada daratan tinggi. Melihat pemandangan pertama disini gue terbayang akan negara New Zealand yang sangat gue idamkan. Damai, hawa yang sejuk, tentu tidak sabar melihat Sapi di padang hijau dan bersentuhan langsung :D. disebelah kiri dan kanan jalanan terlihat beberapa petani lokal sedang mengerjakan rutinitasnya di lahan mereka masing-masing. Apakah ini Desa?, ya.. dairy Farm ini juga disebut sebagai Desa Sapi.

 

Backpacker ke Kinabalu_kinabalu_Kinabalu Park

Welcome To Dairy Farm

Dari kejauhan udah terlihat salah satu bangunan yang diinfokan oleh driver kami, bahwa bangunan tsb adalah tempat pembuatan susu murni dan juga juga bentuk yang lain baik ice cream yang dijajakan bagi para pengunjung. Jadi semua bahan utamanya dari susu murni peternakan tersebut.

Kundasang war memorial ; nandito silaen ; backpacker dairy Farm Kota kinabalu

Inilah Bangunan yang tadi saya sebutkan.

Hmm… menarik untuk mencoba ice creamnya. Mengenai variant berbagai macam disini layaknya ice cream yang lain. selain ice cream, masih banyak juga jenis makanan berbahan susu murni.

Sapi Tidak bisa di sentuh.

Harapan langsung bisa menyentuh Sapi di bolang hanya sia-sia. Posisi pagar pembatas dengan sapi sangat jauh. dan ternyata Sapi tsb tidak sembarangan di sentuh dikarenakan tingkat stress yang tinggi melihat keramaian. Dampaknya apa?, yang pasti susunya tidak akan cair. Jika susunya tidak cair maka Sapinya akan sakit dan mati.

Sapi new zealand ; nandito silaen ; Kota kinabalu

Tuhh Sapinya jauh dimata – Desa cattle dairy Farm

War Kundasang Memorial Kota Kinabalu

Namun masih ada agenda kami untuk mengunjugi War Kundasang Memorial. Banyak orang tidak mengetahui lokasi ini. karena posisinya tidak terlihat jelas. Dan kamipun sebenarnya tidak mengagendakan hal ini. namun karena ajakan si Driver sehingga kami pun mencoba melihat. Sebenarnya Tugu ini tidak terlalu tersebar informasinya dan bahkan minim informasinya. jadi Tugu peringatan ini adalah tugu peringatan pada masa perang dunia ke dua saat Tentara British dan Australia yang mana ditahan oleh Jepang. Menurut si driver bahwa lokasi ini sering di kunjungi oleh para keluarga yang jadi korban Jepang dulu. dan benar saja, halaman utama sudah disambut bendera Britihs Australia.

war kundasang memorial ; nandito silaen ; kinabalu pakr ; kundasang

Numpang Eksis di Halaman utama Tugu war kundasang Memorial

Memasuki area dalam terlihat taman bunga yang sedang dikerjakan oleh petugas Tugu tersebut. di dalam masih ada Bendera british australia berkibar dengan tiang yang kokoh.

War museum memorial kundasang _ Museum british _ australia

Masih ada Bendaranya di dalam

Lebih kedalam lagi, ada beberapa pintu yang mungkin dulunya digunakan untuk mengecek apakah ada tentara yang kabur. namun untuk ruangan ini yang ini, gue kurang paham artinya apa!. dan memang saat itu tidak ada pemandunya. namun jika kita lihat didingnya terpampang tulisan nama-nama prajurit yang tewas disini.

War kundasang Memorial britsis australia _Dairy Farm Kundasang _Cattle dairy Farm _ Kinabalu Park

View didalam Tugu

Melihat bangunan yang kokoh tersebut, merasakan sensasi Bangunan Eropa atau Australia yang sangat kokoh dan design nya pun sama menarik. View pinggir jalan dari ketinggian, terlihat perumahan penduduk di Kundasang. jadi posisi tugu lebih tinggi dibanding perumahan warga setempat.

Kundasang war memorial

View Kundasang dari war Memorial kundasang

Dikarenakan sore itu kami mau malam malam di lokasi Kinabalu Park, maka saat itu kami sudahi di lokasi menuju Kinabalu park. Jadi kalau anda mau ke Kinabalu Park arah jalannya sama dengan arah Dairy Farm. So, agenda yang perlu lo lakukan pilih lokasi yang jauh dulu yakni Dairy Farm.

Kinabalu park ; Bacpacking to kinabalu ; backpakcer to Kinabalu mountain

Kinabalu Park

Namun karena cuaca sudah mulai dingin dan perut sudah keroncongan, jadi dehh hanya melintas sambil penampakan disini :D.  hmm… makanannya lumayan segar berkuah-kuah :D.

Berhubung hari sudah malam, maka saatnya kembali ke penginapan dan siap-siap untuk besok kembali ke Jakarta Tercinta. So, bagaimana setelah membaca ulasan gue, apakah ada niat kesini?, ikuti tips dibawah ini.

Tips and trik di Kota kinabalu :

  1. Kota ini termasuk kota yang sangat kecil.
  2. Transportasi umum tidak ada di kota ini. jadi semua berjalan kaki dan menggunakan taxi.
  3. Harga Jauh dekat taxi Myr 15.
  4. Untuk booking ke Mamutik island, Sapi Island, mamanukan Island bisa melalui Agent travel atau langsung ke Jeselton Poin. Banyak agen travel disana. tinggal pinter menawar saja J.
  5. Harga taxi ke Bandara dari Kota kinabalu Myr 20-40. Harus pintar nego.
  6. Makanan Halal banyak disini, jadi jangan khawatir.
  7. Makanan Sefood lumayan murah dan bahannya masih segar di kota ini.
  8. Jalur ke Dairy Farm and Kinabalu park satu jalur. Jadi pilih yang jauh dulu kemudian Kinabalu Park.
  9. Mau lebih irit disini?, bercakaplah macam budak malaysia, semuanya akan lebih murah meriah.
  10. Air Asia sering memberikan Promo ke Kotakinabalu Baik dari Jakarta maupun dari kota besar lainnya.

 

 

Advertisements

27 comments on “Sikit cerita dari Borneo negeri Malaysia Kota Kinabalu part III

  1. Gara says:

    Ternyata Kalimantan juga punya bagian yang berdataran tinggi ya Bang, soalnya di wilayah Indonesia setahu saya kebanyakan tanahnya gambut dan berawa… sesuatu yang baru yang saya ketahui hari ini :hoho.
    Perjalanan yang hebat! Ada NZ KW 2 juga :hehe, peternakan sapi. Lapangan rumputnya tampak sangat luas, sejauh mata memandang. Saya penasaran dengan Kinabalu Park itu, ada apa di sana? :hehe. Tapi, terima kasih buat tipsnya, kayaknya saya bakal sering lihat artikel ini kalau mau tandang ke sana :hihi.

    • datarannya setinggi berastagi medan Gara!. jadi ada gunung kinabalunya di daerah itu. sebenarnya kalo mau ke kinabalu park liat2 pohon sama jenis tumbuhan kali ya.. kalo jalan-jalan cantik sepertinya nggak cocok. hahahahahaha. iya NZ KW nya keren lhooo… rumputnya hijau pulakkk… coba aja ada danau disana, pasti bisa nipu bilang di NZ padahal di kinabalu doang. hehehehehe. kesana sering murah lhoo.. kemarin aja 1 jutaan plus hostel dan penginapan. pakai airsiago ituu lhoo Gar 🙂

      • Gara says:

        Hah, 1 jutaan sudah sama hostel? Yang bener? Itu pan lebih murah ketimbang beberapa objek wisata dalam negeri ya Bang… waa talking about access.

      • Iya gar… Emang kalo aku selalu ngeluh dalam negeri. Kenapa nggak sebagus LN promosi and transportasinya. Kayak dl aku ke bangkok 1,3 PP. Itupun ada teman yg dapat 400PP dari jakarta. Coba di indonesia, paling murah ke yogya doang. Hadehhhh….!. Pada kemana pemerintahnya nihh 😦

    • ilzaf says:

      Saya Ilzaf dari Malaysia, juga tinggal di Borneo, tapi di bandar Sandakan. 4jam dari Kinabalu.

      1) Kota Kinabalu tidak ada angkutan umum? Hanya ada taksi? Ini anda lihat hanya dari mata anda yg terbatas, dan waktu yg snngat singkat. Banyak angkutan umum lainnya selain tak taksi seperti bus kota yg mutar-mutar antara pusat bisnes dengan kawasan pernukiman penduduk. Mungkin anda tidak ke sana.

      2) Kata anda Kota kinabalu sangat kecil, saya tidak ambil hati kenyataan ini. memang Kinabalu kelihatan kecil, tapi itu sudah di peringkat ketiga besar di seluruh pulau Borneo di Belakang Kuching dan Balik Papan. Jadi berlebihan jika dibilang itu “sangat”. Saya pernah juga ke Banjar Masin dan Pontianak. Ya, kota di Borneo bahagian Indonesia kelihatan besar, tapi dikeranakan trafik yg buruk, dan penataan kota yg kurang perencanaan hingga kelihatan aktif. Kota di Borneo Malaysia kelihatan adem dan malas kerana trafik yg lebih baik dan penataan yg berencana

      • Hi Izal,

        Sorry jika ada yang keliru mengenai Kinabalu. bukan maksud hati nak merendahkan Kinabalu, hanya saja melihat di kota sahaja :). and Point 2 saya tidak membandingkan dengan yang lain. so, saya hanya bercerita sahaja. thanks sudah berkunjung ke Blog saya.

  2. Yudith says:

    Oiii lw udah jd nomaden ya?. Kapan lw ajak w?. Btw, siapa cewe2 itu? Boleh kah satu?

  3. Bukit Signal Hill-nya sepertinya menarik buat trekking gitu ya? Itung-itung olahraga 🙂

  4. BaRTZap says:

    Setelah beres baca postingan satu ini, langsung balik lagi ke gambar pertama. Cuma buat liat lobster nya … Lapaaar 😀

  5. winnymarch says:

    kece juga kinabalu ya ito

  6. Baru tahu deh klo taxi bisa dinego haha. Memang tuh takxi ga pakai argo ya to?.

  7. Kalimantan konon kata nya hanya punya 1 gunung yaitu kinabalu. Dan jadi oenasaran pingin kesana lagi, kapan lalu ngak sempet ke gunung nya coz cuman hopping island

  8. kekekenanga says:

    Kok jadi kebayang es creamnya yah 😦

  9. winnymarch says:

    maulah aku diajak jalan samamu ito ahhaha

  10. Efenerr says:

    Saya termasuk yang penasaran dengan Kinabalu, secara geografis sepulau dengan Provinsi-provinsi di Kalimantan, kultur, budaya satu rumpun tapi soal kemajuan berbeda. Harapannya sih yang di Kalimantan juga bisa semaju Kinabalu.

    Blognya bagus,
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s