Sikit cerita dari Borneo negeri Malaysia Kota Kinabalu part I

Bercakap mengenai Borneo pasti akan muncul kata-kata pulau kalimantan dari pemikiran anda dan juga gue. Yaps… tidak salah nama itu disebutkan! Namun sebagai orang Indonesia lebih tepatnya kita menyebutkan pulau ini adalah Pulau Kalimantan. Namun di Negeri Malaysia, Borneo itu adalah Kalimantan yang mana ada sebagian kota Malaysia disana yakni Kota Kinabalu Sabbah.

Terus terang gue dulu tidak terlalu suka  untuk visit ke Kota Kinabalu. Namun entah kenapa, hasrat gue harus kesini untuk merasakan sensasi kuliner dan juga merasakan hidup di kota dengan berbagai suku bangsa serta berbagai suku dan etnis, itupun setelah baca beberapa informasi di berbagai Majalah dan Internet.

Di kota Kinabalu ini sendiri ada berbagai macam Bangsa yang terkenal yakni : Indonesia, Philipina, Malaysia. Dan betapa terkejutnya gue ketika dari nara sumber gue dapatk info bahwa kebanyakan orang dari Indonesia yang tinggal disini berasal dari Nusa Tenggara, Makassar, dan Papua.

Pagi itu sekitar pukul 09 lewat waktu Kuala Lumpur pesawat yang kami tumpangi landing mulus di Bandara internasional Kota Kinabalu. Hmm… melihat sekeliling bandara tidak ada pemandangan berarti yang membuat penasaran lebih tinggi. Dan sampai saat itu belum yakin jika Kota Kinabalu sebagus yang pernah gue lihat di beberapa majalah dan media lainnya.

Transportasi Bandara Kinabalu ke Pusat Kota Kinabalu.

Well urusan imigrasi sudah selesai, namun mata gue sama teman trip kali ini masih mencari mangsa untuk bisa sharing cost ke Desa Dairy Farm alias New Zealand nya sabbah Borneo. Tentu saja ketemu orang nya dengan keberanian bertanya apakah mereka mau bergabung dengan kami ke Desa Dairy Farm Kundasung. Tidak diragukan rayuan maut gue menghipnotis 4 orang Dewasa dan satu anak kecil untuk join ke Desa Dairy Farm. Dan kamipun sepakat di hari kedua untuk mengunjungi lokasi tsb. Back to the topic mengenai Transportasi Airport Kinabalu ke Kota ada dua cara :

  1. Menggunakan Taxi

Untuk Harga Taxi dari Bandara biasanya di Patok dengan Harga RM20 – 40 RM tergantung Nego loe.

  1. Menggunakan BUS atau Bas (bhs Malaysia) Bandara.

Harga Tiket BUS RM 5 per orang. Dan ini loe bisa dapatkan di konter Bus persis di keluar pintu kedatangan.

Masih Ragu keindahan Kota Kinabalu

Selang 10 menit perjalanan menuju pusat Kota Kinabalu masih sedikit ragu keindahannya. Namun selang 20” perjalanan sudah terlihat beberapa bangunan tua yang kental pada saat penjajahan dulu.

Sekilas Kota Kinabalu

Kota ini sangat kecil, tidak ada angkutan umum, semua menggunakan taxi dan lebih tepatnya menggunakan kakai saja ke obyek-obyek wisata yang kamu inginkan. Gue merasa bahwa ini merupakan kota yang menarik untuk di eksplorer lebih dalam. Itulah keinginan gue saat itu setelah combain dengan bacaan sebelumnya gue baca.

View Kota Kinabalu ; nandito Silaen ; Backpacker Borneo ; backpacker ke Kota Kinabalu; how to get Kota Kinabalu

View Kota Kinabalu

Welcome To Kota Kinabalu

Well, kini saatnya Checkin di Hotel yang merupakan basis para pelancong mancanegara. Untuk nama hostelnya Bunibon Lodge . dihari pertama ini sebenarnya kami hanya ingin menghabiskan waktu dengan jalan-jalan santai dan mencari info mengenai trip ke hopping Island. Untuk hopping island yang yang menjadi andalan Kotakinabalu disini adalah Mamanukan Island, Sapi Island, Mamutik Island. Dan biasanya bisa one day trip or half day trip. Namun karena lokasi ini berdekatan kebanyakan Half day trip saja.

Menuju Hopping bisa langsung ke Pelabuhan Jeselton Point.

Sambil bertanya-tanya mengenai hopping  island dan mencari rent Car ke Kundasang di beberapa Agent Travel, semua Harganya menurut gue kurang cocok alias kemahalan. Well, dengan modal map langsung ke Pelabuhan jeselton point untuk mendapatkan info ke hopping Island.

Design jeselton Point Penuh dengan gaya Eropa.

Setibanya di Jeselton Point, sudah terlihat Gapura menyambut semua orang yang akan masuk ke pelabuhan. Dan di ruang tunggu inilah banyak sekali agent travel yang menawarkan jasa one day trip or half day trip.

Jeselton Point Kota kinabalu ; Nandito Silaen ; backpacker ke Kota kinabalu ; Borneo

Jeselton Point. Jangan Lihat Orangnya, Bacalah Tulisannya 😀

 

Setibanya di Jeselton Point, sudah terlihat Gapura menyambut semua orang yang akan masuk ke pelabuhan. Dan di ruang tunggu inilah banyak sekali agent travel yang menawarkan jasa one day trip or half day trip.

Harga Trip berbeda Lokal dengan Tourist Mancanegara

Memang hal ini berlaku disemua Negara untuk Lokal selalu diberikan harga murah.  Jadi biaya yang harus di pastikan ketika kita booking tour hopping island adalah :

  • Harga penyebrangan speed Boat Pulang pergi.
  • Harga alat snorkeling
  • Harga masuk ke dalam Pulau baik Lokal maupun Manca negara.

Jika di total semuanya berkisar RM 50 – 60 per orang all in. Mau lebih irit?, caranya bawa alat snorkeling dari rumah, dan pelajari bahasa Malaysia. Untuk harga Tiket masuk ke pulau untuk mancanegara RM10 semenmtara untuk lokal RM3. Kan lumayan RM7. Tapi ingat, lo ngak bangga dong jadi anak Indonesia. Bilang aja kalau lo dari Jakarta :D.

Advertisements

14 comments on “Sikit cerita dari Borneo negeri Malaysia Kota Kinabalu part I

  1. Bisa mengerti juga kalau ngobrol sama orang malaysia dalam bahasa Melayu, ndak?

    • Saya sihh bisa cakap melayu ndahh. Tp terkadang ada sedikit bahasa2 yg belum pernah dengar. Semacam nyebut bus. Kadang saya bilang bis atau bes or bus. Tau2nya bas!. Wkwkwkwkw

  2. Gara says:

    Itu kayaknya saya perlu belajar jurus-jurus merayu supaya bisa sharing cost, Bang :haha. Sejauh ini gagal muluk–apa muka saya tidak meyakinkan ya? :haha.
    Kotanya bersih, ya. Ada boks telepon merah yang mirip dengan di Inggris juga. Negara tetangga tapi keadaannya beda banget dengan yang ada di dalam negeri… *elus dada*.

    • Hahahaha. Itu mahh saya bgt gar. Ngumpulin massa gampang aja saya mah. Apalagi nge lobby biar share cost, untuk sewa kapal, harus itu :d. Iya bersih bangt! Walau panas terik berkeliling kota suasananya adem aja. Coba di jakarta tercinta, jalan aja takut. Takut ada motor di belakang kita. Ya emang sedihh sihh. Semoga saja jakarta semakin baik.

  3. BaRTZap says:

    Soal makanan gimana di dalam kotanya? Enak dan mudah gak?

  4. Gedung di gambar pertama lucuu… tipis banget yaa…

    Keren lo bisa ngajakin orang share cost…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s