Pengalaman Demam panggung?

Pernah ngalamin hal ini gak sihh?

Gue rasa pasti semua pernah merasakan hal ini. sebenarnya gue sihh bukan artis atau bukan orang tenar yang sering berbicara di depan umum dan menjadi pusat perhatian audience. Kerjaan gue juga bukan bidang itu, kuliah gue juga bukan bidang public relation or advertising. Nah lo!! Kenapa bahas ini?

Jadi sebenarnya gue itu suka nyanyi dan bahkan menjadi latihan rutin gue setiap hari. yah… walau bukan di tempat vocal namun gue lakukan saat gue lagi berkendara, dengan suara yang kencang untuk melatih otot-otot gue. Yang pasti pengendara yang lain tidak akan dengar sihh! Karena kalo dengar akan menjadi bahan omongan dan bahan tertawaan nanti :D. jadi lebih tepatnya ini hanya hobby yang buat gue senang. Nah karena itu gue mau bahas masalah demam panggung.

Cara mengatasi Demam panggung.

Begitu banyak tips yang gue dapatkan. Salah satunya dengan Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan, Diam tutup terlinga sebelum performance, dengarkan musik dengan kencang, ketoilet tutup pintu entah ngapain didalam toliet, dll, dll.

Namun semuanya itu gak berhasil!!! Bahkan Jantung semakin berdetak kencang. Untungnya nggak lama-lama. Dan biasanya hanya naik dipanggung saja, setelah itu langsung cair.

1.Pengelamanku waktu beberapa bulan lalu, MC di acara kantor. Dan lo tau audience saat ini direktur dan juga staff2 yang lain. Hal ini juga lebih berat banget. bayangkan saja seorang MC harus bisa menghidupkan suasana dan jangan sampai kaku. Kalo itu terjadi berarti ada yang tidak beres dengan MC nya. Bahasa bercandaan juga harus dijaga. Sejujurnya itu susah sekali sodara-sodara :D. Demam Panggung gak?, iya demam panggung juga diawal.

2.Pengalaman nyanyi di Cafe dengan Band yang baru pertama kali kenal. Bayangin saja, personilnya kita tidak tahu dan kebiasaan mereka untuk improve lagu tidak tau sama sekali. Jadi waktu itu si Vocalis nantangin siapa yang bisa nyanyi silahkan nanyi disini. Oh nooo!! Karena teman gue teriak dan minta nama gue maju kedepan otomatis dehh. #harga diri#. Kalau yang ini sihh santai saja, lagipula gue gak kenal audiencenya. Kalau salahpun tidak masalah dong!!! toh audiencenya tidak kenal kita :D. tapi demam panggung gak?, iya… di lagu pertama. Lagu kedua?, hajar aja πŸ˜€

Panggung;Demam Panggung; mengatasi grogi

Disalah satu Cafe

3. Pengalaman ketemu sama Igo salah satu jebolan Indonesian Idol di Toko alat musik ternama di Jakarta. Sebenarnya sih kita rame-rame. Namun karena tau dia seorang jebolan penyanyi, otomatis gue minta duet sama dia. Demam panggung gak?, walau bukan panggung, tapi tetap aja grogi.

Demam Panggung

Bersama Igo

Sebenarnya kegiatan ini sudah sering gue lakukan, hanya saja share inti-intinya saja. kalau kamu punya pengalamankah?, BAGI TIPSnya melawan si DEMAM Panggung itu dong :D.

32 comments on “Pengalaman Demam panggung?

  1. awwgie says:

    Koreksi, kayaknya itu bukan Igo deh mas. Atau ada Igo lain jebolan indonesian idol. Soalnya saya cuma taunya Igo itu yang jadi juara 1, yg juara 2 nya Citra Scholastika. Atau bisa juga saya yg salah, hehe.

  2. Grogi sering. Jangankan suruh di depan audience kayak mc. Presentasi skripsi aja grogi abis. Hahahaha.
    Sampai sekarang masih belajar buat gak grogi and gak terlalu bisa. Makanya lbh suka di belakang layar. Hahhaaha

  3. Dita says:

    aku masih belom bisa mengatasi demam panggung, paling susah deh ngomong depan forum gitu apalagi kalo materinya gak dikuasai x_x perlu banyak belajar nih

  4. waduuh…aku jarang-jarang jadi MC..kamu punya bakat kayaknya yaaa….. πŸ˜€ biasanya sih presentasi kerjaan yg dilakukan sama dulu bgt suka ngasih training. Itu emang selalu deg-deg-an..kuncinya kayaknya kalau makin sering di depan publik, makin lancar πŸ˜€ Jadi mesti sering-sering muncul di publik kali yaa…

    • Hahahhaha udah ngak ada lagi ndahh stocknya. Alhasil aku dehh. Tp emang suka sihh ndahh walau tampang gak mendukung :d. Sepertinya jam terbang kali ya? Bisa juga ya. Sama seperti org baru ngajar terlihat grogi. Tp ketika sudah lama, mana adalagi yg grogi. Ada malah killer :d

  5. winnymarch says:

    kalau demam gk ada uang giman ito? ahahhaha πŸ˜€ aku tidak pernah demam panggung yg ada demam pas jajajn rupanya gk bawa uang

  6. biasanya adrenalin ngalir klo lg grogi, jd go with the flow aja lae….

  7. Wida Zee says:

    Wajar aja kali ya mas kalau demam panggung asal jangan keseringan aja eh tapi kalau udah biasa manggung pasti bakalan ilang tuh demam-deman atau nervous nya πŸ˜€

  8. Aku sih dibelakang panggung aja to πŸ˜€ . Keringat dingin klo disuruh naik panggung haha.

  9. Wawan Herdianto says:

    saya dulu pernah mengalaminya, kaki gemeter keluar keringet. tapi alhamdulillah sekarang sduah tidak lagi. terimakasih tipsnya bisa jadi sumber inspirasi buat yang baca. salam…

  10. iyoskusuma says:

    Bergelut dengan profesi yang mengharuskan kita tampil di depan publik memang akrab ya sama penyakit ini. Hahaha. Jam terbang kayanya ga bisa nurunin suhu demam panggung. Tapi jam terbang bisa bikin saya tau cara cegah demam ini, alhamdulillah. Biasanya kalo kita udah paham dan kuasain banget materinya, ilang udah itu demam panggung. Hehe.

    • Halo bing iyos. Thanks sudah berkunjung. Nanti saya berkunjung ke blog nya ya.

      Kyk nya sama semua kali ya. Jd mencegah aja ya mas?. Iya betull kalo dah siap semuanya pasti tenang. Justru kalo materi gak siap, malah jantung kyk mau copot ye?. Hahahahha

      • iyoskusuma says:

        Halo, Bang Dito!

        Iya. Harusnya kan untuk tampil di depan publik udah ada persiapan ya. Tapi kadang, ya ada kondisi kita harus tampil mendadak. Ini yang biasanya bikin deg2an kaya ketemu gebetan. Hahaha. Tapi ini jadi salah satu hal yang bikin seru sih πŸ™‚

Leave a Reply

