Trip Ke Pahawang Lampung

Pesona Pantai di daerah Lampung masih tetap eksotis hingga saat ini walau banyak yang meragukan statement ini. mengapa tidak, dikarenakan masih banyak orang beranggapan bahwa kota lampung hanya perlintasan transportasi darat saja, baik dari  pulau Sumatera menuju Pulau Jawa atau sebaliknya. Sebelumnya gue sudah pernah ulas mengenai Lampung dan Pelabuhan Bakauheni saat ke Teluk Kiluan. jadi sudah bisa anda bayangkan seperti apa pulau pahawang ini dan bagaimana menuju Pahawang. Bagi anda yang belum tau posisi Pulau pahawang ini, berikut map nya :

Pahawang Maps

Map of Pahawang

How To Get Pahawang Island from jakarta ?
Seperti yang gue pernah bahas pada kunjungan gue ke Teluk kiluan pada link diatas, maka gue kasih gambaran umum saja mengenai cara-cara ke Teluk Kiluan. Jakarta/ Tangerang → Pelabuhan Merak → Menyebrang dengan Kapal → Bakauheni → Lampung → Dermaga Ketapang → Pulau Pahawang.

Apakah perlu membutuhkan waktu yang banyak menuju Pahawang? Jawabannya TIDAK!. Dengan weekend saja, loe sudah tiba disana dan menikmati keindahan Pantai Indonesia ini. Seperti kami waktu itu berangkat dari Cikokol Tangerang hari Jumat sekitar pukul 21:00. Tiba di Merak sekitar pukul 00:20, kemudian menyebrang ke Bhakeuheni sekitar 2 Jam. namun jangan berharap penuh kalo penyebrangan tepat 2 Jam. hal ini dikarenakan kapal yang mengangkut penumpang dengan kendaraan dijadikan satu kapal. Bisa lo bayangkan betapa lamanya bongkar muat kapal tersebut, menyusun mobil dengan rapih. Seperti kapal yang kami tumpangi saat itu kebetulan kapal yang besar yang mana Truk dan Bus pariwisata berjejer rapih untuk di seberangkan ke Pulau Sumatera Bakauheni Lampung. Sekitar jam 05:00 kurang tibalah di Pelabuhan Bakauheni Lampung. Sesuai schedule yang sudah kami susun bahwa saat itu juga mobil yang sudah kami rent sudah siap membawa kami ke Dermaga Ketapang untuk Menyebrang.

Ready for Ketapang
Berhubung pagi itu belum ada yang mandi maka penampakannya seperti ini sodara-sodara!.

Pahwang; Ketapang

Didalam Angkutan ke Ketapang

Menuju ketapang ditempuh ± 1,5  Jam dari Bhakauheni , and fyi sepanjang perjalanan tidak ada pemandangan yang luar biasa. Hanya terlihat pemukiman penduduk disisi kiri dan kanan dan sesekali ada beberapa industri berdiri tegak.

Welcome to Ketapang.
Pagi itu sebenarnya mata masih sedikit kurang segar. Ya maklum satu malam tidak merasakan empuknya kasur hanya merasakan kebisingan didalam Kapal saat menyebrang dari Merak – Bakauheni. Namun tetap saja jika sudah ketemu dengan pantai hati berseri-seri riang dan tanpa beban :D.

Pahawang;backpacker ke Pawang

Dermaga Ketapang, Fokusnya Kapal saja ya 😀

Sesuai Agenda yang sudah kami rencanakan diawal, bahwa pagi itu kapal yang sudah kami booking jauh-jauh hari akan menjemput kami ke Ketapang. Maklum pemilik Kapal nya berdomisili di pulau pahawang, tentu mereka akan melewati spot-spot yang menarik untuk snorkeling. Jadi sebelum ke penginapan kami snorkeling terlebih dahulu.

Spot Pertama Maitem
Melihat beningnya air laut dan terumbu Karang yang memanggil dari dasar laut membuat hati ingin menyatu sesegera mungkin. Terumbu karang disini tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia. Entah mengapa snorkeling ini membuat hati gue damai. Melihat ikan yang menari-nari tentu faktor pendukung juga. sayang saja diantara kami tidak ada yang bawa kamera under water. Namun yang pasti setiap gerakan ikan itu tetap ter record dalam memory ingatan.

maitem Pahawang

Snorkeling Maitem

Berhubung sudah saat nya untuk makan siang, maka kali ini kami menyudahi spot snorkeling disini.
Berselang ± 20” dari Maitem, kini kita ke penginapan untuk meyimpan pakaian dan juga untuk mengisi energi di siang hari.

Bersantai Di siang Bolong
Entah mengapa setelah selesai makan siang saat itu, ada hal konyol yang baru pertama kali gue lakukan. Apakah itu? Yups… tidur bersama teman-teman yang lain di homestay hingga jam 14:00. Faktor itu kemungkinan dikarenakan malam tidak tidur dan paginya langsung olah raga Snorkeling. Sebenarnya kalau ditanya menyiksa diri atau tidak, namun yang pasti kita hanya mengikuti agenda yang sudah kita buat saja :D. Sebenarnya itu sihh fungsi liburan, melepaskan semua beban pikiran dengan rutinitas eight to five every day alias office hour.

Spot ke dua Kelagian Kecil
Setelah siap-siap untuk berpantai ria di spot yang kedua yakni Kelagian Kecil, saatnya menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Spot berikut ini merupakan yang memiliki ombak yang lumayan kencang. Dan menurut gue spot ini kurang bagus untuk di nikmati. Namun bukan berarti panoramanya tidak bagus lhoo….! hanya saja ombak saja yang lumayan besar.

Spot ke tiga Pahawang Besar
Dipantai ini merupakan pantai yang surut di siang hari hingga sore bisa lo ligat pada gambar dibawah ini.

Pahawang Besar ; Pahawang

Pahawang Besar

pasir-pasir ini akan tertutup air laut nanti sore. Namun pagi hari dan malam pantai ini menjadi pasang. Dan pasir-pasir disini akan berubah menjadi lautan.

Menikmati suasana jelang sore dan menunggu malam hari merupakan moment yang sangat menyenangkan. Entah mengapa sunset itu membawa kedamaian yang luar biasa. Disaat orang menyukai sunrise namun gue lebih menyukai sunset. Adapun alasannya, sunset itu menutup hari dengan indah. Semua persoalan hidup lenyap sudah hingga fajar membuka lembaran baru. selain itu rasa romantisnya berasa lho :D.

Sunset Pahawang; sunset

Sunset Pahawang

Berhubung sudah malam semua aktivitas sudah selesai untuk hari ini.

Morning Pahawang
Sama seperti pulau-pulau lainnya, aktivitas masyarakat terlihat jelas pagi itu. Ada yang pergi mengantarkan anaknya untuk sekolah, ada yang pergi melaut atau bahkan ada yang baru pulang melaut. So, sangat disayangkan kalo loe bangun siang-siang dan tidak merasakan itu :P.

Menjelang siang itu, kami semua sudah prepare untuk snorkeling di dua spot yang berbeda. berhubung kami hanya dua hari maka semua perlengkapan akan kami bawa kembali ke kapal sekalian bertolak ke Ketapang.

Trip ini memang singkat namun terbayar sudah ketika rutinitas sehari-hari kita gantikan dengan travelling baik singkat maupun panjang. yang penting adalah sensasinya dan bagaimana kita mengenal Indonesia melalui kunjungan-kunjangan kita keberbagai destinasi di Indonesia. So, how about you? Apakah sudah ada plan untuk travelling?, jika sudah ada realisasikan agar loe mendapatkan suasana baru. Tunggu laporan perjalanan gue yang selanjutnya.

Cheerssss!

Advertisements

19 comments on “Trip Ke Pahawang Lampung

  1. winnymarch says:

    kalau lihat perjalanan ke pahawang bikin mupeng deh to

  2. Halahh gaya dah si ito. Belum pernah kesanakah? Msh ada plan ke pulau pisang nih :).

  3. wis..wis…asiknya..gak nyangka ada pulau cantik antara Sumatera dan Jawa.. Tapi lumayan juga ya midnight sampai subuh gitu di jalan….duh..moga-moga ada jembatan antara Sumatera-Jawa biar cepet gitu…

    BTW, keren banget cerita-nya..jadi pingin… 😀

  4. cakep kayaknya karangnya ya mas

  5. muhnurakbar says:

    Mas minta tolong bagi CP travelnya dong buat dari bakauheni ke ketapang + kamrin dapat harganya berapaan?, makasih

  6. nsanrabbani says:

    Hai boleh minta cp mobil dan kapalnya? Thanku 🙂

  7. nsanrabbani says:

    hai boleh minta cp untuk mobil dan kapalnya? Thanku:)

  8. Syafroni says:

    Mas ada info nomor telpon untuk sewa kapalnya?

  9. denubay says:

    mas mau tanya ga banyak haha, kita rencana 10 orang dari jakarta mau ngeteng kesana, pertanyaannya adalah
    1.) ada gak bang angkot/bus langsung dari pelabuhan bakauheni – pelabuhan ketapang pp? atau harus ke rajabasa dulu?
    2.) Untuk sewa perahu yang mas pakai, itu bisa di sewa seharian?soalnya kita disana juga mau hopping island untuk snorkeling.
    3.) Untuk penginepan yang murah dan ada air bersih, listrik, dsb, ada di pulau pahawang besar? kira-kira tarif permalam nya berapa ya?
    5.) Disana ada warteg murah gak mas?
    6.) ada banyak tur n travel yang menyediakan jasa kesana sekitar 450an keatas untuk starting point jumat malam di merak dan pulang minggu siang belom termasuk sewa alat snorkel dan transpor jakarta-merak pp. Kalo ngeteng, bisa lebih murah dari itu?

    Maaf ya mas pertanyaannya uda kaya ujian 😀 di tunggu balasannya, terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s