TIPS AND TRICK TRIP KE BANGKOK-THAILAND, KAMBOJA , VIETNAM PART FOUR

Pagi itu kami sudah siap-siap menuju Negara kamboja dengan ibukota Phnom penh dari Saigon. Namun bukan Phnom penh yang menjadi tujuan kami melainkan Siem Riep dengan obyek wisata Angkor Wat nya yang sudah masuk warisan budaya dunia. Ehh pagi itu ketemu kembali Smith dari Australia bersama Istrinya. Ternyata mereka masih menyisiri Mekong river untuk bermain air. Jadi mereka ini ketemu di Chu Chi tunnels half day tour. Entah kenapa dia baru dari Bali dan bercerita kurang menarik di Bali, dari ceritanya sihh tempat menginapnya salah pilih yakni di Sanur. Berbeda dengan peranakan kolombia yg sudah menjadi warga negara Australia sangat-sangat jatuh cinta dengan Bali. Jadi gue kalo jalan dan ketemu orang Luar, selalu berusaha menjadi Duta pariwisata agar mereka kembali ke Indonesia. Dan ini penting lhoo membuka pembicaraan apalagi hobbynya sama dalam dunia travelling. Mereka sangat welcome, apalagi loe menawarkan semacam permen, Rokok, kopi, akan membuat mereka mengingat negara kita tercinta walau dia tidak mengenal kita secara details.

Ketemu lagi di Vietnam_Ho Chi minh City

How to Get Angkor wat – Cambodia from Saigon?

Untuk menuju Angkor Wat ini kita pertma kali harus melewati Perbatasan – Pnhom Phen – Phnom Penh – Mini van direct to Siem Riep –  Angkor Wat.

Jarak tempuh dari Saigon ke Phnom penh ± 7 – 8 jam itu pun jika Bus nya tidak ngetem di setiap agent Travel. Namun hari itu kami tidak beruntung sehingga di Phnom Phenh sudah ± 15:00 waktu setempat sementara dari Saigon pukul 08:00 pagi tepat.

Fyi harga Tiket dari Saigon ke Siem Riep Angkot wat  $19 siang hari dan malam beda lagi dengan sleeping Bus. Tapi loe mesti hati-hati ketika mengambil tiket dari Agent Travel. Jangan sampai loe tidak sampai di Angkor wat mengingat agent travellnya tidak mengantarkan anda dari phnom penh ke Siem Riep. Tanya Betul, jangan sampai ketipu dengan Agent yang tidak bertanggung jawab.

Angkor Wat; cambodia Border

Cambodia Border

Entah kenapa di perbatasan ini sangat tidak beraturan banget. Semua penumpang harus keluar dari Bus untuk mengecek Paspor. Untuk bebas Visa kayak indonesia sudah ada jalurnya di sebelah kanan bersama warga Vietnam ke Kamboja atau sebaliknya. Namun untuk orang eropa dan USA mereka melalu jalur kiri yang harus mengurus VOA alias Visa on Arrival. Seperti di samping gue ada dua orang dari UK mereka harus mengurus VOA sebelum lanjut ke Pnhom Penh.Setelah semua penumpang sudah beres, maka Bus akan berlanjut ke Pnhom Phen. disepanjang perjalanan tidak ada pemandangan yang menakjubkan. hanya beberapa pemukiman warga setempat.

Welcome to Pnhom Phen City

Sore itu kami sudah tiba di Perhentian Bus paling terakhir dari Saigon yang mana harus melanjutkan Bus ke Siem Riep dengan Min Van. Beberapa orang bercerita kalau ada Bus yang direct ke Siem Riep dengan bayaran yang lumayan lebih mahal. nah untuk menghindari biaya yang mahal ini, lebih baik nyambung dari Pnhom Phen. Selanjutnya adalah menunjukkan Tiket yang sudah kita beli agar diantar ke Agent travel yang baru untuk di antar hingga ke Siem Riep. oia, si Agent Travel yang baru sudah menunjuk Tuk Tuk untuk menjemput, jadi jangan takut kalau tiba-tiba si Tuk Tuk minta naik. yang perlu dilakukan komunikasikan terlebih dahulu dengan staff Bus Terakhir bahwa Tiket anda memang ke Siem Riep. Hmm… sepanjang jalan Pnhom penh gue mengamati ibukota ini yang super jauh dari Jakarta megahnya. Gedung bertingkat bisa di hitung Jari. Daily masyarakat disini juga sama kayak orang Vietnam yang mengendara Roda dua tidak pakai Helm dan amburadul dehh :D. Nihh buktinya!

Phnom phen Activity; cambodia

Phnom phen Activity

Tuh kan, Bonceng tiga dan gak pake Helm Pulak.

Jalanan dari Pnhom Pnhem ke Siem Riep Rusak!

Sesuai informasi yang gue baca bahwa kondisi jalanan dari Pnhom Penh ke Siem Riep sangat jelek dan banyak lobang-lobangnya. Benar saja seperti yang kami rasakan selama ± 8 jam. Namun semua terlewati ketika kami tiba di Siem Riep sekitar pukul 23:30 waktu Cambodia.

Perkenalan dengan Si Supir Tuk Tuk Muta penuh dengan Cerita 😀

Namun adegan heboh terjadi  malam itu. Mengapa? Ketika kami berhenti di Siem Riep sudah ada beberapa Supir  Tuk Tuk yang menghampiri kami. Dan satu orang supir tuktuk malah memajang nama gue dan memanggil kearah kami. Gue langsung bereaksi menolak dan bahkan mau menjauh. Maklum gue masih takut dengan scam disini. Sambil berusaha menghindar menuju kearah yang lebih terang, namun dia meyakinkan gue bahwa dia bukan gerombolan Scam. Dedy bingung juga melihat tingkah gue yang gak mau meladeni si Supir Tuk Tuk. namun akhirnya dia cerita kalo nama gue di dapat dari Agent Travel bus yang terakhir #biasalah kerjasama, entah itu mafia atau tidak yang pasti loe Harus Hati-hati#. dan diapun menawarkan untuk mengantarkan kami ke Hostel tempat kami menginap tanpa biaya. padahal biasanya orang membayar $4-$5 lhoo. saat itu juga deal sewa si Supir keliling Angkor Wat.Hostel yang kami tujupun sebenarnya belum kami booking sebelumnya hanya rekomendasi teman dan on the spot saja layaknya penginapan-penginapan kami sebelum-sebelumnya. Tentu modal gue hanya membawa nama Hostel dan Alamatnya saja. setelah mengobrol-ngobrol dengan sang Supir ternyata orangnya baik, hanya saja gue berlebihan diawal. Tapi lebih baik seperti itu biar loe gak dibodohin orang. Dulu katanya ada seperti itu, ketika namanya dipanggil-panggil dengan semangat si korban menghampiri dan meng “iya” kan tawaran si sopir TukTuk karena namanya sudah dipajang dan tahukah loe jika biayanya yang di minta $80, padahal dekat!!!. Nama si supir Tuktuk Muta sodara-sodara!. Jika mau tau kontaknya send me E-mail : ndo_firhot@yahoo.com.au. Sorry gue pengen tau seberapa orang yang baca blog ini bukan untuk ambil untung :D.

Ahaii… tiba di Hostel yang kami tuju, semua full booked namun masih ada satu lagi Hostel yang terkenal di Siem Riep, namanya the Backpacker Hostel. Setelah cek ruangannya akhirnya kami memilih disitu.

the Backpacker Hostel Siem Riep; Backpacker southeast

Tuh kamarnya Bagus!! the Backpacker Hostel Siem Riep.

the Backpacker Hostel Siem Riep

Gue suka disini dan sangat recommended mengingat harganya yang murah yakni $14 permalam private Room dan lengkap Ac, TV Cabel serta hot water dan Kulkas. Untuk Dorm lupa harga permalamnya, cek di Webnya saja ya. Many people recommend this Hostel. Bisa loe cek statusnya di Tripadvisor. Lokasinya sangat dekat dengan Pup Street, Old Market Siem Riep, Night Market. Berhubung besoknya harus ke Siem Riep untuk menjelajahi Angkor Wat maka waktunya untuk ZZZzzzz  :D.

Pagi Hari di Siem Riep

pagi itu sebenarnya masih rada malas-malasan :D. Tetapi agenda sudah di set dengan Muta si sopir Tuktuk untuk keliling Angkor Wat dan Candi-candi yang lainnya. Sebelum kami ke Angkor Wat, pukul 09:00 kami ke Old market terlebih dahulu untuk mencari cendra mata, karena informasi dari teman yang sudah dari Siem Riep bahwa harga di pagi sangat murah dibanding di Siang Hari dan loe bisa tawar menawar. Untuk harganya juga jauh lebih murah di Banding Thailnad. Untuk kaos-kaos disana $2 – $3 USD sesuai pintar lo tawar menawar. Puas di Old Market kini saatnya ke Angkor Wat bersama si Muta untuk melihat keajaiban masa lampau ini.

Jadi harga yang kami bayar untuk Tuktuk perhari $15. Ini juga saran gue buat loe yang mau ke Siem Riep, jangan booking TukTuk di Hostel, harganya bisa $18 perhari, kan Lumayan $3.

How to get Angkor Wat from Siem Riep?

Dari pengamatan gue ada 3 cara, yakni :

• Menggunakan Tuktuk (by Tuktuk)
  • Ikut Tour (Tour )
  • Dan Rent Sepeda $2-3 per Hari (bicycle)

Jujur kalo gue naik sepeda sepertinya cape euyy.. namun pelancong yang super ngirit memanfaatkan ini untuk mengirit biaya transportasi.

Angkor Wat

Biaya untuk masuk  ke Angkor Wat ada beberapa pilihan baik perhari, perminggu, maupun perbulan. Berikut harganya yang ada di dingding Angkor Wat :

Fees and number of days

1. One day US$ 20
  2. Three days visit per one week validity US$ 40
  3. Seven days visit per one month validity US$ 60.

Oh iya, karena Semua candi-candi ini merupakan tempat bersejarah, maka semua pengunjung di wajibkan untuk scan muka. Dan tiket itu harus sesuai dengan pemegang karcis.

Pas Angkor wat; biaya tuktuk; tiket angkor wat

Pas Angkor wat. tuhh ada Foto Gue…:D

Sesuai price diatas yang mana satu Hari maka yang kami bayar $20 dan kami hanya mengunjungi beberapa Candi saja. jadi Angkor Wat ini sangat luas soda-sodara. Namun jika loe seorang ahli sejarah yang ingin mendalami Angkor Wat ini bisa anda pilihan tiket sesuai harga diatas. kamipun hanya mengunjungi 4 Candi : Angkor Wat, Angkor Thom gate, Ta Prohm, Phnom Bakheng.

Angkor Wat Temple.

Angkor Wat ; cambodia ; backpacker cambodia

Angkor Wat

Melihat dari luar saja suasan kerajaan dulu sudah berasa. Jika anda lihat di beberapa gambar mengenai Angkor Wat yang masih bagus, itu hanya editan saja. sekarang real Pic nya sesuai gambar diatas. ada beberapa yang akan lihat kebiasaan di lokasi ini, mulai dari jasa Guide, ada juga pengemis. Namun tidak perlu loe hiraukan hanya bilang “no, thanks sir!” sudah cukup. Berdasarkan pengalaman gue tidak perlu guide. Kecuali loe arkeolog yang memang lagi penelitian, perlu juga yang namanya guide. namun yang perlu diingat pintu masuk. Jangan sampe loe gak keluar-keluar dari sini, karena luasnya.

backpacker cambodia; angkor wat

Beraksi di Angkor Wat

Angkor Thom gate

Ada beberapa yang membedakan dari semua candi ini. berikut ini adalah beberapa gambar yang menjadi keunikan Candi ini.

Thom Gate Temple - Angkor Wat

Thom Gate Temple – Angkor Wat

Ta Prohm / Shooting Film Tomb Raider

Masih ingat film Tomb Raider yang dibintangi oleh artis papan atas Angelina Jolie? Disinilah Shooting itu dilakukan.

dan hingga saat ini lokasi ini jadi terkenal dengan candi Tomb Raider padahal nama candinya Ta Prohm. Keren Kan!.

Ta Prohm temple ; Tom Rider Temple Cambodia; angelina jolie Shooting tom rider

Ta Prohm / Tom Rider Temple Cambodia

Phnom Bakheng

Suasana di Candi yang terakhir ini sangat seru sodara-sodara. Mengingat disinilah semua orang berkumpul untuk mendapatkan the best Sunset. Karena lokasi ini berada diatas bukit jadi siap-siap saja untuk mendaki. Ingat yang penting ke Lokasi ini jangan pake Bikini. Jika tidak loe tidak akan diijinkan masuk kedalam.

Phnom Bakheng - Angkor Wat;angkor wat

Phnom Bakheng – Angkor Wat

Phnom Bakheng - Angkor Wat sunset

Phnom Bakheng – Angkor Wat sunset

Mengingat Sunsetnya lagi M, maka sunset kali ini tidak bulet hanya suasana keramaian saja yang ada disini. Semua orang sudah siap sedia untuk mengabadikan moment ini namun tidak berhasil :D. Mengingat sudah sore, kini saatnya kembali ke Hostel untuk menikmati Pup Street dan juga Market Night.

Pup Street and Market Night Siem Riep Cambodia so awesome.

Malam itu suara musik sudah terdengar di sepanjang jalan dan begitu banyak jajanan di tawarkan disini. Semakin malam semakin seru layaknya Khaosan Rd yang gue ulas sebelumnya di Bangkok – Thailand. Untuk kedua lokasi ini sangat berdekekatan jadi loe tinggal jalan Kaki saja tidak perlu menggunakan Tuk Tuk atau kendaraan lainnya.