Mengunjungi Bengkulu tempat si Bunga Raflesia part II

Obyek Wisata Bengkulu

Seperti yang sudah gue ulas diatas bahwa si Bunga Rafflesia sudah tidak ditemukan maka kali ini gue akan mengunjungi beberapa obyek wisata yang wajib lo kunjungi apabila ke Bengkulu.

  • Pantai Panjang

Pantai ini sangat terkenal di kota Bengkulu. Namun jika gue bandingkan dengan pantai-pantai lain di Indonesia masih kalah dengan pantai-pantai ternama. Hmm… bisa gue katakan bahwa pantai Panjang ini mirip dengan Pantai Carita di daerah Serang. Namun jangan khawatir untuk bersantai tidaklah jadi kendala dilokasi ini dikarenakan disepanjang Jalan banyak menjual makanan. namun harga tentukan dulu diawal, jika tidak lo akan mengalami hal yang jengkel disini. Waktu itu, gue pesan makan dengan ikan. Jika gue hitung-hitung hanya Rp.100.000 somethinglahh.. tetapi yang dikenakan jadi Rp150.000. analisa gue, β€œpedagang beranggapan uang gue banyak. Padahal pejalan murah euyyyy :D”.

 

Pantai Panjang Bengkulu, pantai bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

  • Rumah kediaman Bung Karno

Setelah bersantai ria diPantai Panjang, kini saatnya belajar sejarah diRumah kediaman Bung Karno. Jika saya perhatikan tulisan didepan rumah kediaman bungkarno 1938 – 1942. Apakah gue sudah lahir disitu? Ya nggaklah.. emak gue aja belum lahir :D.

Rumah kediaman Bung karno Bengkulu

Rumah kediaman Bung karno Bengkulu

Kediaman Bung Karno, Rumah bung karno, Ibu Fatmawati

Kediaman Bung Karno

Jadi informasi yang gue dapatkan bahwa kediaman ini merupakan kediaman pengasingan yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya dibeberapa provinsi di Indonesia. Dan disinilah beliau ketemu dengan Ibu Fatmawati yang menjadi istri beliau dan merupakan Penjahit Bendera sang saka merah putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Memasuki area rumah, ruang tamu disambut dengan Meja bundar dan 4 kursi. Kursi ini lah yang sering digunakan oleh beliau dalam rapat untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Meja kerja bung karno, Bung karno Bengkulu

Meja kerja bung Karno

Disebelah kanan ruang tamu tersebut ada satu lagi ruangan yang menjadi penyimpanan buku-buku beliau selama pengasingan. Hmm… memperhatikan buku-buku didalam lemari buku tsb, sangat menunjukkan bahwa Belanda ada di Negara kita ini. mengapa tidak, bahasanya semua Bahasa Belanda. Entah apa artinya πŸ˜€

Lemari buku Bung Karno

Lemari Rak Bung Karno

Dibelakang ruangan tadi, adanya kamar bung karno dan kamar ibu Fatmawati semasa disana. namun dalam ruangan ini ada sedikit yang membuat gue tersenyum. Apakah yang membuat gue tersenyum?, yess.. adanya koleksi surat Cinta Bung Karno ke Ibu Fatmawati. Coba zaman dulu ada Sosial media, pasti mereka akan tulis-tulisan di wall or di inbox masing-masing :D.

Surat Cinta Bung Karno

Surat Cinta Bung Karno

Dibelakang Rumah tersebut terdapat sumur tua yang digunakan beliau dan keluarga pada saat itu. entah kenapa, setiap bulan puasa sumur ini sangat banyak dikunjungi oleh warga untuk diambil sebagai air minum. entah benar atau tidak, gue kembalikan ke warga yang meyakini saja.

  • Benteng Fort Marlborough 1714 – 1741
Sejarah Benteng Fort Marlborough Bengkulu

Benteng Fort Marlborough

Berkunjung kesini mengingatkan gue ketika berkunjung ke Kota Maskassar. Bangunan-bangunannyapun hampir mirip. Namun yang membedakan rerumputan masih jauh lebih banyak dan lebih luas. Benteng Fort Marlborough ini menurut info dari penjaga disana merupakan Benteng yang pernah di bangun oleh bangsa Inggris di Indonesia dan Benteng inipun memiliki arti penting bagi Belanda, Inggris, sebagian kecil bangsa Prancis. Kemungkinan benteng ini memiliki sejarah penjajahan dikala itu. #maaf bukan orang sejarawan#.
Tetapi bagi loe yang suka photographi alangkah baiknya mencoba spot-spot disini. Setiap gedung yang satu dengan gedung lain memiliki pemandangan yang berbeda.

Welcome Fort marlborough

Welcome Fort marlborough

Fort Marlborough Bengkulu

Fort Marlborough Bengkulu

Bangunan dalam Benteng Fort Marlborough

Bangunan dalam Benteng Fort Marlborough

Dengan ulasan gue kali ini mengingatkan loe untuk berkungjung dan mempelajari sejarah Bangsa kemerdekaan bangsa kita. bye ….Bengkulu.

Tips berwisata ke Bengkulu :
Transportasi mudah didapatkan, menggunakan angkot/ Ojek sajapun sudah bisa dilokasi yang kita tuju.
Ongkos angkot jauh dekat Rp. 3.000;
Central mencari angkutan kelokasi yang anda tuju adalah Pasar Panorama.
HTM ke pengasingan bung Karno Rp 2500.
HTM ke Fort Marlborough Rp 5000.

Advertisements

18 comments on “Mengunjungi Bengkulu tempat si Bunga Raflesia part II

  1. penasaran isi surat cintanyaa #salahfokus..lol

  2. chris13jkt says:

    Itu yang surat cinta cuma dipajang fotonya atau memang surat-surat aslinya dipajang dan kita bisa baca isinya?

    • Cuman dipajang pak Chris. tulisannya tidak bisa terbaca. saya juga penasaran soal isi surat cintanya. kemarin mau nanya sama penjaga disana, eh… gegara asyk liat-liat sumur dibelakang jadi lupa dehh :D. pak Chris kudu kesana deh ambil Fort Marlboroughnya :).

  3. Lah ko beda gitu to dari 100rb jd 150rb? Nanya dulu ga harga makannya? πŸ˜€ .
    Surat cintanya bisa dibaca pengunjung ga?.

    • biasalah to.. secara liat ikannya seger-seger mau di bakar dan mulut sudah merasa menyatu dengan si daging ikan, ya saya gak nanya harganya. lg gak pake me and you sihh alias MENU :D.

      gak bisa dibaca kak. kyknya kita akan Kepo betul dahh soal surat Cintanya :D.

  4. Baktiar says:

    Jadi inget rumah pengasingan Bung Karno di Ende… sayang gak ada surat seperti itu di sana… dan juga gak ada benteng seperti itu juga…

  5. Waks kok bisa sampai 150 ribu ??? ketepu nich πŸ™‚ Btw knp surat2 nya kok ngak di tunjukin isi nya ?? jadipenasaran heheh

  6. Ceritaeka says:

    Bentengnya masih bagus dan terawat rapi yaaa. Di kota ini Bung Karno ketemu Ibu Fatmawati ya? ^_^

  7. mamaboetobi says:

    waaaah….Bengkulu cantik yaaa… aku pernah mampir, tapi ngg ada fotonya :p..tfs yaaa..

  8. Wah, terimakasih ulasannya..ternyata rumah pengasingannya lumayan bagus ya? Asri pula..Saya pasti betah nih di situ πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s