Mengunjungi Bengkulu tempat si Bunga Raflesia part I

apa yang lo ketahui tentang Bengkulu?
kalo gue bengkulu adalah tempatnya bunga raflesia yang sangat besar atau Lo tau Bengkulu setelah terjadi Gempa tahun 2000?

Sejarah Bengkulu
Bengkulu (bahasa Belanda: Benkoelen atau Bengkulen, bahasa Inggris: Bencoolen, bahasa Malaysia: Bangkahulu, bahasa Rejang: Bekulew/Bekulaw), terletak di bagian barat daya pulau Sumatera adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Sumatera Barat, di sebelah timur dengan Jambi dan Sumatera Selatan, sedangkan di sebelah selatan dengan Lampung. Pada tahun 1930-an, Bengkulu menjadi tempat pembuangan sejumlah aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk Sukarno. Di masa inilah Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi isterinya. Setelah kemerdekaan Indonesia, Bengkulu menjadi keresidenan dalam provinsi Sumatera Selatan. Baru sejak tanggal 18 November 1968 ditingkatkan statusnya menjadi provinsi ke-26 (termuda sebelum Timor Timur). (Sumber : Wikipedia)

Bengkulu

Bengkulu City

How to get Bengkulu City.

Perjalanan udara adalah pilihan yang paling tepat jika kita dari Luar pulau Sumatra.
• saat ini sudah Ada empat maskapai yang sudah melakukan penerbangan ke provinsi ini. #Sorry nama maskapainya tidak disebutkan karena gue bukan marketing Maskapai tsb#.
• Bisa juga menggunakan jalur darat apabila lokasi lo di Pulau Sumatera.

Welcome to Bengkulu City

Bandara Fatmawati

Welcome to Bengkulu

Cuaca cerah dan landing yang bagus menyambut gue di Bandara Fatmawati pagi itu. Dalam perjalan ± 1 jam, pikiran gue hanya ke Bunga Rafflesia yang jadi Icon dari provinsi ini. mengapa tidak sejak tau sejarah zaman SD bunga ini sering dibahas pada saat mata pelajaran sejarah. Seharusnya sih pelajaran Biologi ya? entah kenapa gue ingatnya ketika Pelajaran Sejarah :D.

Namun ternyata setelah ngobrol bersama seorang penumpang disebelah gue pagi itu, untuk saat ini sudah susah ditemukan. Hanya ada di hutan nan jauh dari perkotaan. untuk mencapainya dibutuhkan sekitar kurang ebih 2-3 jam dengan kendaraan roda dua. selain itu, informasi yang gue dapat banyak ancaman disana. termasuk beberapa kelompok yang mengancam kita ketika diperjalanan. hmm.. dari pada gue mati dan harus kehilangan harta karun gue, maka niat untuk berjumpa si bunga rafflesia gue batalkan :D.

 Transportasi Bengkulu

Bagi lo yang baru pertama kali ke Bengkulu, tidaklah susah mencari transportasi disini. Stepnya adalah keluar Bandara Fatmawati ± 50 Meter kearah Jalan Raya. Dari situ lo bisa memilih angkot warna Putih ke Arah Pasar Panorama. Jadi Patokan untuk menemukan lokasi yang lo tuju adalah Pasar Panorama. Dari pasar Panorama semua angkutan umum bisa lo dapatkan. Supir angkot disini baik-baik lho…Jauh dekat Rp. 3000;. Dan angkot adalah pilihan gue, selain murah tentu ingin merakyat dan berbaur dengan warga setempat. so, rutenya adalah Bandara Fatmawati → Keluar Bandara → Angkot warna Putih → Pasar Panorama →dari sini bebas pilih Tujuan lo.

Bengkulu, Raflesia, Pasar panorama

Pasar Panorama Bengkulu

Selain angkot ada juga ojek yang setia menunggu lo ketika keluar Bandara layaknya Artis Hollywood di kerumuni oleh fans and wartawan. Dan biaya ojeknya Rp30.000 – Rp40.000. tapi Ojeknya gak nakal kok… kalo kamu bilang “maaf pak sudah ada yang jemput..!”, pasti tukang ojeknya gak ngejar-ngejar. Dan tentu berikan senyum manis.

 

 

Advertisements

2 comments on “Mengunjungi Bengkulu tempat si Bunga Raflesia part I

  1. aku pernah lewat Bengkulu tapi belum sempet explore niiih..apalagi ke rumah pembuangan Bung Karno kala itu… TFS ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s