Trip Makassar, Samalona Island & Kadangareng Keke Island

Suara tetangga pagi itu membangunkan gue dari tidur yang seharusnya sudah di Bandara and ready for takeoff. Namun kenyataan nya adalah gue masih di kasur. panik!! bingung, keringatan, campur aduk yang gue rasakan. kenapa tidak, baru kali ini gue mengalami terlambat ke Bandara. berusaha menghubungi call center maskapai yang akan gue gunakan untuk menanyakan apakah Penerbanganna Delay. hmm… namun operasional nya hanya senin – jumat. Padahal kejadiannya Sabtu :(.
Masih berharap bahwa penerbangannya Delay, buru-buru ke Bandara menggunakan Taxi, ohh.. ternyata hal itu hanya harapan yang sia-sia. Pesawat sudah takeoff 5 menit setelah gue tiba di bandara.
Tujuan gue sebenarnya adalah Tanah Toraja (TanTor) yang sudah lama saya inginkin. entah kenapa Tantor ini adalah tempat wisata yang gue suka dari segi budayanya. Memang kalau di bandingkan dengan Pantai, Pantai lah pilihan gue. Tapi tidak selamnya ke Pantai juga kan?. adakalanya city explorer, hiking dll.
Apabila hari itu tidak terjadi Musibah ala gue, maka Rutenya adalah : Jakarta →Makassar→ Toraja Makassar→Jakarta.
Kembali lagi masalah penerbangan ke Makassar yang Terlambat, Berusaha search di internet setiap maskapai apakah ada yang memberikan harga promo, walau kemungkinan tidak akan ada dengan hitungan jam booking kemudian beberapa jam kemudian langsung berangkat. ya.. yang namanya usaha tidak apa-apa mencoba. Tetapi setelah hampir 1 jam browsing di gadget, hasilnya adalah harga normal. dan harganya pun harga PP yang gue ambil Jak-Makassar.
Jujur saja gak ikhlas menyerahkan uang sebesar itu untuk beli tiket baru, tapi karena hati sudah harus ke objek Wisata, maka harus di kejar terus.
Setelah mikir panjang dan sudah memikirkan kerugian yang akan gue tanggung, maka gue tetap ambil penerbangan ke Makassar. tentu dengan opsi untuk tidak mengunjungi Tanah Toraja yang gue idam-idamkan.
Ready to Makassar.
Setelah Pukul 23:00 Wib kini saaatnya take off ke Makassar. masalah penginapan yang akan gue tempati pada malam hari, tidak lain adalah Bandara Hasanuddin. Tidak di pungkiri bawah Bandara Makassar merupan Bandara yang tidak pernah Tidur di bandingkan dengan Bandara-bandara yang sekelas dengannya di Indonesia. maklum saja, bahwa Makassar merupakan penghubung penerbangan yang melakukan transit ke berbagai wilayah di timur. selain itu, waktu Makassar dengan barat menjadikan Bandara ini sangat nyaman apabila penerbangan lo pada malam terkhir sekalipun. Soalnya di sana sudah nyaman menunggu pagi Hari.

Welcome Makassar
Setelah menggigil kedinginan di di atas udara melayang-layang, kini saatnya Landing di Sultan Hasanuddin.

Transportasi Makassar

Welcome Makassar

Bapak yang Murah hati Di Bandara.

Pagi itu, ketika saya ke toilet untuk untuk melakukan ritual mandi burung layaknya pelancong yang menghemat biaya yang bisa di dapatkan secara free di tempat-tempat tertentu seperi Bandara, Terminal Bus (walau sudah kebanyakan bayar saat ini), stasiun Kereta, dll, tidak sengaja ketemu dengan salah seorang Bapak-bapak dengan perkiraan umur ± 40 Tahun.
Dan seperti biasa, saya selalu senyum kepada orang yang berpapasan dengan gue. tapi gak semua orang yang di berikan senyum lhoo. kalo orangnya sedang buru-buru masa gue akan senyum?. :D. Dan bapak itu langsung bertanya, “Mas mau nanya, kalo dari Bandara ke universitas Islam Makassar jauh gak ya?”.
gue :”waduh pak, saya juga masih baru dan mau ke central juga sih”
bapak:”wah kalo begitu bareng saja mas”.
gue :”boleh pak, tapi saya nunggu BUS yang kekota saja ya pak. Taxi Mahal”
bapak :”Kalo gitu saya aja yang bayar mas, saya takut saja kalo jam segini ke Luar bandara tidak ada teman”
gue :”oh Ok pak, nanti saja kita exit jam 5an aja pak”.
karna memang masih pukul 4:00 lewatan saat itu
Sambil berjalan menuju pintu keluar, ternyata bapak itu adalah vendor yang akan merenopasi beberapa gedung di Univ tersebut. untuk kediaman beliau ada di Surabaya, dan baru pertama kali ke Makassar sama seperti gue.
Tanpa pikir panjang langsung OK saja,. karna bapak itu tidak mencurigakan.#maklum sedang proses belajar berpikiran positif terhadap lingkungan sesuai pengertian gue https://nanditosilaen.wordpress.com/2013/07/24/backpakcer-itu-adalah/ point 6#
Taxi yang sudah kami booking harganya Rp. 100.000. karena tujuan gue lebih dekat di banding bapak tadi, dengan jurus pura-pura mau bayar “pak dari saya gocap ya pak. nanti bapak gocap lagi”. dan kata-kata yang ada dalam pikrina gue ternyata kejadian “gak usah mas, nanti saya yang bayar”. :D. seneng dong sambil salaman dan taxinya jalan bersama si bapak.

Lets start city explorer Makassar
Jujur saja, persiapan gue kali ini kurang mantap di bandingkan Itiinerary ke Tanah Toraja. alhasil semua itin yang seyoganya untuk Tanah Toraja di buang dan di gantikan dengan City Of Makassar.

1st Day :

1.Pantai Losari

Jujur sih, dari pertama tau Pantai Losari masih penasaran dengan pantai ini. dalam pikiran gue Pantai Losari ini adalah Pantai yang sangat bersih dan adanya perpaduan dengan hotel-hotel Mewah. ternyata setelah sampai di sana tidak jauhnya dengan Pantai Ancol Jakarta :D.

Pantai Losari

Pantai Losari

Sebelum melanjutkan city explorer ke Lokasi lain, saatnya makan siang .

Kota Makassar

Nasi Kuning Makassar

Losari beach

Lokasi Nasi Kuning Makassar

2. Fort Rotterdam.

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.(Sumber wikipedia).
Menurut gue tempat ini sangat cocok dengan pelajar yang ingin mempelajari sejarah. untuk hunting Foto di lokasi ini tidak di pungut biaya namun apabila mau masuk ke dalam muesumnya di kenakan biaya Rp. 5000 untuk dewasa untuk pelajar di kenakan Rp. 3000.

Fort Rotterdam Makassar

Fort Rotterdam Makassar

Fort Rotterdam Makassar

Fort Rotterdam Makassar

Setelah puas di lokasi ini, kini saat nya ke Penginapan. tahukah anda bahwa penginapan yang gue pilih lokasinya di

China Town Makassar. dan lokasi ini menurut gue strattegis ke Losari, Fort Rotterdam.
harganya sangat di luar dugaan Murah. permalam hanya Rp 80.000; dengan fasilitas TV Kabel, AC, Kamar Mandi di dalam.

menghilangkan kepenatan sejenak, dan kini saatnya 3rd Destination.

3. Bantimurung – Maros
Untuk lokasi ini terkenal dengan Air terjunnya. namun kemarin tidak sempat masuk dikarenakn hujan yang sangat deras. padahl sudah sampai di pintu masuk.

Bantimurug Makassar

Bantimurug Makassar

Penakaran Kupu - Kupu - Makassar - Maros

Penakaran Kupu – Kupu

fyi, HTM untuk wisatawan Lokal Rp.20.000 untuk dewasa. selain Bantimurug, lokasi yang dekat ada penakaran Kupu-kupu. untuk htm Rp5000/orang. Karena kondisi hujan dan suasana sudah Sore. kini saatnya kembali ke penginapan menunggu teman yang dari yang dari Manado – Bunaken, untuk melanjutkan trip besok ke Samalona Island.kami senidri menginap di Central of Makassar yakni China Town.

2nd day
Aktifitas masyarakat pagi itu sudah terdengar dari dalam kamar. itu berarti saat nya ke Samalona. Samalona merupakan pantai yang bagus untuk di kunjungi. untuk penyebrangan ke Pulau ini, harga normal kapal Rp350.000. yakni dari Pagi hingga pukul 16:00. Namun, samalona ada lah pulau ke dua yang kami kunjungi. satu lagi nama pulaunya Kodingareng Keke dan tahukan lo semua, bahwa dulu pulau ini menjadi private Island. yang mana di kelola oleh orang Jerman. Namun kejadian menimpah keluarga ini ketika musim Piala Dunia kala itu, mereka mengibarkan Bendera Jerman tanpa di dampingi oleh Bendera Indonesia. Hal ini membuat pemda setempat marah besar dan menutup usaha mereka. adapun usahanya penginapan dan juga tempat Minum para traveller yang singgah di pulau tsb. Di karenakan ada dua pulau yang gue kunjungi dan teman-teman, menjadi Rp500.000/ Hari.

A. Kodingareng Keke
Hamparn pasir putih menjadi daya tatik pulau ini. selain itu, karang yang bagus dan air yang jernih membuat saasana snorkeling semakin mempesona.

Kodingareng Keke - Makassar - Samalona

Kodingareng Keke – Island

Kodingareng Keke - Makassar - Samalona

Kodingareng Keke dengan pasir Putih

Kodingareng Keke - Makassar - Samalona

Kodingareng Keke

Saatnya Snoerkeling.

B. Samalona Island

Setelah Puas di Pantai ini, kini saatnya ke Pantai kedua Yakni Samalona Island.

Welcome to Samalona Island

Welcome to Samalona Island

Pulau Samalona ini tidak kalah jauh dengan Pulau Kodingareng Keke. hanya saja penduduk Lokal ada di Pulau ini. Serta tersedia penginapan. Buat lo yang ingin menginap di Samalona berikut penginapannya.

Homestay Samalona - Makassar - Samalona

Homestay Samalona

setelah Puas di suguhi pemandangan yang luar biasa, kini saatnye menuju penginapan untuk istirahat dan besoknya kembali ke Jakarta. Kunjungilah Samalona, sebagai bukti Indonesia Keren dan dan Mantaps.

Samalona Makassar

Sedikit Narsis di Samalona

see u Makassar……!

tips jika lo ke Makassar :
Booking tiket jauh2 Hari. apabila promo bisa Rp250.000 round Trip.
Jika lo mau explorer Makassar bisa menggunakan Angkot atau Pete-pete nama lokalnya. jauh dekat Rp. 3000/orang.
Ke Pantai Losari dari Central Makassar bisa menggunakan Beca dengan harga Rp.10.000, bisa muat 2 orang.
Harga sewa kapal perhari ke samalona Rp. 350.000 – Rp 400.000, tergantung Nego lo. jika ambil rute dua Pulau harganya Rp. 500.000.
Pantai Lolasi dan Fort Rotterdam berdekatan kurang lebih 500 Meter jaraknya. jati tidak masalah Jalan kaki.

28 comments on “Trip Makassar, Samalona Island & Kadangareng Keke Island

  1. Ya ampun itoooo mau naik pesawat ko bisa telat bangun, ga pasang weker? 😀 .
    Pemandanganya bagus-bagus. Nasi kuning pengeeennn.
    Snorkelingnya bayar ga?.

  2. evand says:

    gan, lu kemarin peswat apa sehh?
    gile bagus bgt pantainya. ehh.. gue plan mau ke AU. ada plan kesana gak?.
    kalo ada, kasih tau gua ya… kali bisa bareng.

  3. evand says:

    gan, kabarin yehhh……………………………….tar gua emell.

  4. Ripiu says:

    Wuih, mantap kali pemandangannya. turut berduka cita atas ketinggalan pesawatnya ya gan, lain kali jangan lupa pasang weker 😀

  5. jarwadi says:

    cita-cita saya untuk ke Makassar sejak 2 tahun lalu, belum kesampaian sampai sekarang. padahal ada penerbangan langsung yogya – makassar. semoga saya juga bisa menyusul ke sana 🙂

  6. Yan-Kiki says:

    what an awesome blog brother 🙂 …we should plan a trip sometime hehehehe

  7. btw nama penginapannya apa bro? juli nanti juga mau ke Makassar, awalnya sih mau Toraja tapi karna flight balik dimajuin jadinya bakal stay di Makassar aja 😦

    • halo gan… sebenarnya gak mau promosiin Brand ah… :D. soale saya gak dapat uang :D. tp membantu, namanya Losmen Semeru, fyi dari luar gak ada pengenalnya. so, nanya saja nanti :). untuk alamatnya Jalan jampea. di jalan ini banyak penginapan murah kok. tp gue merasa aman di tempat tadi, secara lengkap euyyy.. semoga membantu ya…

  8. ridwan says:

    itu baru dikit broh.. msh ada bnyak tempat wisata yg bisa di kunjungi di makassar… salam knal broh.. kalo mau k makassar.. email gue aja, gue native di makassar…

  9. […] kesini mengingatkan gue ketika berkunjung ke Kota Maskassar. Bangunan-bangunannyapun hampir mirip. Namun yang membedakan rerumputan masih jauh lebih banyak dan […]

  10. krishnoy says:

    salam kenal bro.

    nyesek benget pasti pas udh smp bandara ternyata pesawat nya baru aja take off. saya biasanya selalu begadang kalo ada flight yg early morning gitu. soalnya takut ketiduran. lebih baik ngantuk2 smpe ketiduran di pesawat deh drpd ketiduran di kamar hehehe.

    btw, nanya dikit boleh? rencana mo backpack ke makasar dua tiga bulan lagi.
    1.) dari Bandara ke daerah China Town itu ada angkutan umum selain taksi gak?

    1.) dari Losmen Semeru ato sekitaran Chinatown ke tempat jetty kapal yang akan nyebrangin kita ke pulau Kodingareng Keke dan Samalona itu naik apa ya?? jauh kah??

    2.) 500 ribu itu bersih sudah sama solar ya?

    terimakasih 😀

    • Halo bro salam kenal. Benget, nyesek, gado2 deh :d.

      1.Sebenarnya ada bus yg langsung ke kebeberapa daerah dari bandara cuman kalo kamu baru pertama kali ke makassar nanti bingung turunnya dimana.kenapa saya bilang kyk gitu, waktu saya ke kota makassarnya ada beberapa bus yg saya lihat di bandara ehh di kota ada. Cuman gak tau dari mana arahnya. Seperinta gak lewat kotanya.#bingung kan #. Saran, mending naik angkot!. Caranya jalan keluar bandara, tp agak jauh yahh.. Dan angkot datang dari arah maros. So, jika kamu membelakangi bandara angkot datang dari kanan. Nanti bilang berhenti di pasar. Lupa nama pasarnya yg pasti pasar itu penghubung beberapa angkot ke pusat kota (red kota). Dari pasar tsb ambil angkot ke kota. Disini kudu hati2 angkotanya sama dan nomornya hampir sama. Saya lupa waktu itu angkota mana. Tp bilang aja kalo nanya dengan logat makasar, ” kaka, saya mau ke kota, pete2 apa saya tumpangi”. Pasti dikasih tau.ke china townnya pastivorang udah tau. Jika orang gak tau bilang berhenti di Fort R, dari situ jalan kaki aja lurus mentok kenan. Disitu tanya aja udah pada tau kok. Deket kok.

      Iya sudah bersihh bro. Kalo jalan pagi jangan lupa bawa makan siang sama awaknya juga. Yg murah2 aja kasihnya.selamat berlibur.

      • kLo mau ke makassar,, mnding Liat Peta aja dlu,, Hmmm>> mnggunakan Bus, sangat bermanfaat bisa langsung ke jalan Ahmad yani, di situ dekat dengan ChinaTown, dekat jg dengan Fort Rotterdam,, pete2 d mksr skrg Rp 4000,-/ jauh-dekat.

        kLo ttg jalan2 ke kodingareng jujur belum pernah sih, cm ke samalona aja, yh mgkn skitaran itu Rp 500 rb kLo ke Kodingareng keke, trgantung nego… kLo dy gk mau, yh cari kapal Lain,

        KapaL mnuju kedua puLau itu banyak, bisa lewat depan Fort Rotterdam, atau bisa jg ke pelabuhan dekat situ, jaLan kaki sdikit mLawan arah jaLan, trus sbLah kanan ada deh Pelabuhan ke sana, yh nego lgi bro>>

        kLo ke makassar jgn Lupa mkan Coto Makassar< Sop Saudara< Pallubasa

        Oh yah jgn Lupa jalan2 ke Trans studio Makassar< di Metro Tanjung Bunga dekat pantai Losari sambung pete2 DAYA, bilang tolong diberhentikan depan Patung Ayam ( skdar Info, Di pasar Daya, Poros jl umum provinsi makassar-Maros patung Ayam raksasa berada dekat Perempatan lampu Merah> ) singkat cerita sambung pete2 Maros (nnt kLo dh smpe di pasar Maros, cari pete2 ke bantimurung.

        yh kLo kmbali ke makassar, kurang Lebih bisa mnggunakan cara yg sama sbaliknya.
        perjalanan ckup jauh kLo mnggunakan angkot< mLelahkan kLo ke bantimurung,

      • Mas Kukuh, terimakasih sudah melengkapi. dan semoga bisa membantu teman-teman yang bertanya soal Makassar. coto yang dimaksud ada dimana ya mas?. waktu itu saya makan sop apa gituu… yg pernah masuk ke tipi ala pak bondan maknyosss 😀

  11. sorry ke hapus
    Oh yah jgn Lupa jalan2 ke Trans studio Makassar ) singkat cerita sambung pete2 Maros (nnt kLo dh smpe di pasar Maros, cari pete2 ke bantimurung.

    yh kLo kmbali ke makassar, kurang Lebih bisa mnggunakan cara yg sama sbaliknya.
    perjalanan ckup jauh kLo mnggunakan angkot< mLelahkan kLo ke bantimurung,

  12. Hendra says:

    rncana mo ke mkassar nih…klo dri jl. jampea mo ke transtudio daerah tnjung bunga makassar rute angkotnya seperti apa ya? ada yg isa kasi info…

    • halo mas Hendra, untuk lokasi itu aku kurang paham ya… mungkin yang berada di makassar bisa bantu ya.. mas bro :).

    • YJ says:

      Batu ngejawab bang, kebetulan gue juga orang asli makassar cuma lagi merantau ke jkt wkwk. Kalau ke transstudio yg di tanjung ga ada angkot yg langsung ke sananya, bisanya pakai angkutan pribadi atau pakai taxi bang.

Leave a Reply

