Indonesia Bagus – Teluk Kiluan Lampung & Pegadung

Indonesia Bagus part 1…!

Itulah salah satu kata-kata opening Iklan salah satu program TV swasta yang baru lahir. Sama dengan iklan tersebut bahwa gue akan katakan “Indonesia bagus”. kali ini trip gue bersama orang-orang yang sangat luar biasa ke tetangga Pulau Jawa. Adapun personil kali ini, gue, Tami,Torang, Indra, Linda,Meliza, Lukman.  Untuk sebagian gue belum kenal sebelumnya namun untuk yang lain merupakan teman kantor saat ini. Jujur saja ini adalah pertama kali gue ngetrip bersama teman kantor. biasanya bersama orang-orang baru dan belum kenal sebelumnya. Kenapa baru kali ini?. Hmm.. banyak faktor tentunya. Ya.. salah satunya schedule yang tidak sesuai.

Kemanakah Trip gue kali ini ?

Teluk Kiluan Map

Teluk Kiluan Map

Yes… Teluk Kiluan Lampung.

Namun tahukah anda bahwa Teluk Kiluan ini sangat jarang di kunjungi orang. bisa dikatakan orang lampung saja tidak tahu lokasi ini.  Sedikit kaget juga ketika gue bertanya ke salah satu warga setempat yang tidak mengetahui posisi Teluk Kiluan ini.bukan pertama kali gue menemukan warga yang seperti ini. sama hal nya seperti gue ke Karimun jawa. ketika bertanya di bus menuju Lokasi tsb masih banyak menanyakan apa yang di lihat di tempat yang akan di tuju. ya.. mungkin buat sebagian warga mempunyai pemikiran, bahwa hal itu tidak perlu di ketahui dikarenakan tidak ada untungnya bagi mereka #ngeri banget ya..:D#.

sama hal nya dengan Teluk Kiluan ada yang udah pernah dengar namun tidak tau apa yang akan di lihat disana.

How to get Bandar Lampung?

Sebelum ke kiluan, yang pertama lo harus melewati Kota Bandar Lampung. karena gue dan teman dari Jakarta alias Pulau Jawa, maka salah satu alternatif yang di gunakan adalah via jalur Laut. dengan Menaiki Ferry penyebrangan dari Merak ke Bakauni dengan lama penyebrangan 2 jam an. tapi  apakah benar hanya 2 Jam?.  Untuk penyebrangan benar hanya 2 Jam. Tetapi jika di hitung dari awal masuk kapal hingga mulai penyebrangan di butuhkan waktu  4 jam an. kenapa bisa begitu? di karenakan kapal tersebut memuat kendaraan  menuju Sumatra. bisa di bayangkan lamanya mengatur kendaraan tsb hinggga menyebrang. selain jalur laut ada juga jalur Udara dari Jakarta langsung ke Bandara Bandar lampung.

saran gue, jika lo menggunakan Jalur Laut seperti kami, usahakan penyebrangan di malam hari agar tidak membosankan di dalam Kapal. Seperti yang kami lakukan penyebrangan malam hari ± pukul 22:00.

Welcome Lampung

Sekitar pukul 4 pagi, kita sudah berlabuh di Bakauni yang merupakan pelabuhan di Bandar lampung. dan pukul 05:00 saatnya memulai perjalanan ke Teluk Kiluan yang di tempuh dengan jarah kurang lebih 8 Jam –an. Ada kesan menarik dari teman-teman gue kali ini. baru pertama kali ke pelabuhan Bakauni dan Merak dan ada yang pertama kali ke Pulau Sumatra :D.

Seperti yang gue jelaskn diatas bahwa tujuan kami adalah Teluk Kiluan bukanlah lampung. Untuk menuju Lokasi ini adalah ada dua jalur yang di gunakan yakni :

1.Jalur Darat

2.jalur Laut

Untuk Jalur darat biasanya menggunakan tiga alternatif. menggunakan agent travel start dari Bandar Lampung, rent mobil, tergantung kesepakatan dengan penyedia jasa rent Mobil, apakah dari Bakauni atau dari Bandar Lampung. Dan satu lagi menaiki kendaraan umum.

Untuk Jalur Laut, bisa di akses dari pelabuhan ………..(Lupa namanya) lama tempuh menggunakan Kapal sekitar…(Kurang tau Juga :D).

nah sekarang tergantung lo jalur apa yang lo pilih. Kalau mau tau nama pelabuhannya, silahkan di googling aja ya :D.

alternatif yang kami pilih adalah Rent Mobil dari Bakauni – Teluk Kiluan – Bandar Lampung. Selama perjalanan sangat susah di tebak posisi Teluk Kiluan ini. rumah-rumah warga sepanjang jalan dan juga jalanan yang rusak menjadi santapan waktu itu.

Sekitar pukul 12:30 tibalah di Teluk Kiluan yang kami ingin kunjungi. Sama seperti pantai-pantai lainnya di Indonesia selalu di sambut dengan  kapal-kapal nelayan tradisional(Kapal Jungkung kecil) yang sedang beristirahat.

Welcome Kiluan

Welcome Kiluan

Kapal Jungkung

Kapal Jungkung

Tetapi kami tidak langsung ke Penginapan dikarenakan Penginapan kali ini berada di dalam pulau yang sudah kami booking sebelumnya.menarik memang untuk menginap di kepulauan Kiluan ini. selain aksesnya harus di sebrangkan menggunakan kapal, fasilitas disini juga bukan fasilitas hotel-hotel mewah yang banyak lo temukan di tempat lain.Pengelola pulai hanya 1 keluarga yang di titipka oleh pemilik Pulau. Jadi pulau Kiluan ini dimiliki pengusaha yang tianggal di Jakarta *Sumber dari warga disana*. jadi sebelum lo berkunjung kesana, booking terlebih dahulu penginapannya dikarenakan jumlah Kamarnya yang terbatas. namun kami belum bisa menyebrang ke Pulau di karenakan kami masih memiliki itin yang harus di kunjungi yakni Pegadung. untuk memastikan bahwa penginapan sudah ready, konfirmasi saja yang di lakukan agar semuanya aman.

Pegadung Nan Eksotis di nodai dengan Akses yang parah

Itin selanjutnya adalah Pegadung yang sudah di masukkan dalam Itin. untuk mencapai pegadung ini harus memiliki jiwa adventure dan siap menahan rasa deg-degan yang luar biasa. untuk akomodasi ke Pegadung menggunakan Ojek yng ada di Kiluan dengan biaya Rp100.000/Ojek. dan ojek yang di gunakan juga motor yang sudah tidak layak menurut gue.

Jalanan berliku, naik turun adalah santapan menuju kesana. sekita 10 menit perjalanan, tantangan yang muncul sudah mulai berasa. batu-batu yang tidak tersusun rapi, berlobang, kiri dan kanan jurang 2 meteran, turunan, tanjakan, intinya jalan itu seharusnya di lalui pejalan kaki. bisa terbayangkan kalau Jalantetapi apabila kita berjalan kaki bisa 6 jam an untuk sampai di sana. jujur sih, kalo saja tau separah ini kemungkinan gue tidak ikut :D.

view Pegadung

view Pegadung

Lumayan Bergaya

Lumayan Bergaya

Bersama Rekan-rekan Trip

Bersama Rekan-rekan Trip

Keren Kan?. berasa di Luar sana  :D

Keren Kan?. berasa di Luar sana 😀

tidak terasa menikmati pemandangan disini, kini saat nya beranjak ke Pantai Merah. di Pantai merah ini bukan pasirnya yang merah melainkan karang dan lumutnya yang berwarna merah. Pemandangan disini juga tidak kalah menariknya dengan Pegadung yang tadi. Hanya saja yang Jualan Makanan dan Minuman belum ada.

Pantai Merah

Pantai Merah

Sangat di sayangkan Pemda  Bandar Lampung tidak bekerja keras dalam membangun akses ke Lokasi ini. bisa di bayangkan jika akses yang bagus dan penginapan di sediakan akan menjadikan wilayah ini menjadi pilihan berlibur bagi warga Jakarta.

Bagi para pebisnis gue rasa sangat bagus peluangnya jika lo memulai Usaha penginapan di Lokasi ini. Mengapa tidak , jika lo sudah melihat Lokasi ini dengan jeli.

Mengagumi dan mengabadikan gambar adalah hal yang sering di lakukan oleh para traveller. Dan kebiasaan itu juga adalah bagian kami juga :D.

Penampakan

Penampakan

Tidak terasa waktu sudah menunjukkan  pukul 17:00, saatnya kembali ke Kiluan untuk menuju penginapan.Seperti yang sudah gue ceritakan sebelumnya ke pulau Kiluan ini harus menggunakan penyebrangan kapal nelayan maka kini saat nya ke Penginapan.

Penginapan di Kiluan

Penginapan di Kiluan

Bersambung

Advertisements

9 comments on “Indonesia Bagus – Teluk Kiluan Lampung & Pegadung

  1. Pantai merah ko sptnya jadi kotor tuh krn warna merah 😀 . Jalan2 ke Lampung beli kripik pisang ga ito? 🙂 .

    • Ito ku pantainya emang begitu deh.tp byk hepeng bisa investasi homestay boto. Jd ngiler dehh liat pantai gak diurus bgitu. Oh pasti boto. Di lampung toko Yen yen terkenal bgt. Belanjanya pasti disanalah. Hahahah

      • rendy says:

        mas ito, saya mau ke pegadung bisa minta kontak penginapan di teluk kiluannya? atau travel agent disana?

      • Halo mas Rendy…
        bisa call ke pak Dirham ya.. kemarin harganya 200rb /malam. itu juga gara booking dua kamar. perkamar bisa muat 5-6 (kalo badannya imut-imut :D). no nya :+62813.6999.1340. semoga bisa membantu.

  2. Rinni says:

    mas, lanjutannya Mana nihh :). pen sana.

  3. stuart says:

    Hi sir, could u adding a new photos?.i’m gonna coming there. cheers..!!

  4. […] atau sebaliknya. Sebelumnya gue sudah pernah ulas mengenai Lampung dan Pelabuhan Bakauheni saat ke Teluk Kiluan. jadi sudah bisa anda bayangkan seperti apa pulau pahawang ini dan bagaimana menuju Pahawang. Bagi […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s