Backpacker ke Pulau Samosir (Parapat, Tuktuk & Tomok)

Pulo samosir do haroroanku samosir do
gok disi hasang, nang eme, nang Bawang………..
itulah sepenggal Lirik lagu yang berjudul Pulo Samosir. Kalo lo orang Batak pasti pernah dengar dan bahkan mengerti dari Lirik lagu tersebut.
dan dalam lagu tersebut di gambarkan keindahan dari Pulo samosir yang sangat menakjubkan.
well, sebagai orang yang lahir dari daerah Medan yang identik dengan kata Samosir, gue akan berbagi soal Samosir. Mungkin lo pada nanya, kok Judulnya begitu sih? pertanyaan lo gak salah, adapun Judulnya gue buat agar pencarian Teman-teman mengenai Pulau Samosir, lebih Cepat.
untuk menuju Pulau Samosir kita bisa menggunakan 2 Jalur Transportasi yakni Darat dan juga Air.
1. Jalur Darat
Untuk menggunakan jalur darat akan melalui Pangururuan.

2. Jalur Air
Untuk menggunakan jalur Air, Semua kapal penyebrangan ada di Parapat. ada dua pelabuhan di Parapat, yaitu Ajibata dan Tiga Raja.

well, karena gue ke Samosir menggunakan jalur Air gue mulai dari Pelabuhan Tiga Raja. kenapa nggak dari Ajibata?
biasanya dari Ajibata lumayan Mahal untuk menyebrang. nah, buat lo yang suka jalan-jalan Hemat gunakanlah Pelabuhan dari Tiga Raja.
dan tentu banyak Pilihan kapal ke Pulau Samosir.Bagaimana menuju Pelabuhan Tiga Raja ini?. kalau lo sudah biasa berjalan dengan jarak jauh, bisa kok di tempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Namun kalo lo merasa capek lo bisa menggunkan angkot dengan tarif Rp. 2000;.

Pelabuhan Tiga Raja Parapat

waktunya menyebarang ke Pulau Samosir dengan tujuan pertama Tuktuk. Tarif ongkos hanya Rp. 7000;. murah kan?. Sebagai informasi tambahan, di Tuktuk ini kebanyakan Tourist Mancanegara di banding Tourist Lokal. Tentu akan berpengaruh untuk harga penginapan di sana. Di tambah kondisi High Season Hari raya Idul Fitri 2012, maka semua harganya naik. Jadi saran gue jika lo kesana jauhi High Season.

Tuktuk

Salah satu kantor model Rumah Batak

Tunggal Panaluan

Pusat kerajinan di Tuktuk

Bentuk Spanduk di Tuktuk

karena tips gue adalah jalan-jalan murah, maka saya menghindari menginap di lokasi sana. alhasil gue memilih penginapan di Lokasi Tomok.

Pemberhentian kapal di Tomok

di Tomok lo bisa menikmati Sigale-gale, dan juga bisa berenang di Danau Toba. Mari kunjungi Danau terbesar di Indonesia ini. di tunggu kehadiran teman-teman sekalian. gampangkan cara melihat dan berkungjung ke Danau Toba. oia, buat Teman-teman yang Muslim gampang kok menemukan makanan Halal di sana. jadi jangan takut.

Sigale-gale yang manakah? :D

Pasar Tradisional Tomok

Makam para raja-raja

Di close dengan kata-kata diatas :).

 

 

 

31 thoughts on “Backpacker ke Pulau Samosir (Parapat, Tuktuk & Tomok)

    • mas bro, kemarin sih persis di labuhan tomok. yg penting jangan nginap di Tuktuk. soalnya mahal mas bro. dan kebanyakan bule-bule disana. alhasil, mereka berpikiran semua orang yang masuk Tuktuk wisatawan semua dengan kategori orang kaya. padahal saya buat blog ini untuk teman-teman backpacker kan?. kalo mau silahkan email ke ndo_firhot@yahoo.com.au. nanti saya kasih nomor si abang2 yang bisa cari penginapan. nanti saya hubungin dulu sebelum berangkat kesana.

    • Thank u Mida. ya kudu kesana ya?. yang pasti dirimu akan menikmati semua keindahan Danau toba. hopely one day we’re gonna travelling with one destination.hehehehe. blog mu juga kece qo :).

  1. Bang Bro Mo tanya dong kalau kita mau eksplore tempat keren di Berastagi, Danau Toba, Samosir dan Pematang Siantar ala backpakeran, apa aja ya and mudah kendaraan umumnya? juga sebaiknya Medan – Danau Toba – Samosir dan Pematang Siantar – Berastagi – Medan ATAU Medan – Berastagi – Danau Toba – Samosir dan Pematang Siantar – Medan? punya waktu 4 hari 3 malam nih? makasih

    • Hi Yuni, thanks sudah berkunjung. menurutku itu waktu yang lumayan bisa kok.
      saran saya sihh, hari pertama langsung ke Danau toba aja.
      jadi Rutenya :Medan-Samosir (Danau toba)=>ambil transposrtasi pagi. kira-kira siang sudah tiba di Parapat. seperti yang saya jelaskan di postingan diatas, kalo mau murah nybrangnya dan nginapnya ambil dari Tiga Raja saja. disitu ada pos Polisi, langsung tanya angkot ke Pelabuhan tiga raja yang mana. pasti di jawab.
      setelah dari samosir atau danau Toba, masuk ke arah berastagi dari siantar. setelah siantar, kembali ke Medan(last Day). fyi, angkot disana beroperasi kebanyakn di dari pagi sampai sore. gak usah rental kok. yang penting bahasanya logat medan aja, pasti di bantuin kok. bilang aja kalo kamu mahasiswa sedang ada pembuatan makalah :). selamat berkujung ke Toba.

  2. Ap smua pginapn d tomok tu murah2 Ўªãª? Mksudny pginapn ap aj yg pntig murah….gmna dgan pmandgany? Dan.gmna dgan makanan,,,,enk2 gk?….

    • Halo sis Ria,
      Makan murah kok. dan disana untuk makanan teman-teman yang muslim ada kok. salah satunya nasi padang :D.
      kalo yang bagus sihh di Tuktuk. tapi gpp nanti kalian nginep di Tomok, tapi jalannya ke Tuktuk. cuman bayar 5000rebuan kok. paling kalo naik 7000an :). di tunggu disana sama org Samosir :).

  3. Keren… Pulau dan danau yang gak pernah buat aku bosan.. yang buat orang yang pernah kesana ketagihan karna daya tariknya yang memikat.. sayangnya masyarakatnya kurang mendukung dengan membuat harga yang lumayan tinggi dan kebersihan yang kurang dijaga…

      • horas lae..
        numpang t anya nih klw dari tomok mau ke brastagi lewat mana yah lae,,maklum lae biasa lewat sidikalang ,
        pengen keliling2,,
        from:e,situmeang

      • Horas juga. Kalo kamu dari tomok, nyebrang dl ke parapat. Nanti kamu ambil jurusab siantar yakk. Tanya saja sama polisi yg ada di parapat. Pos polisi persis di samping jalan. Dari siantar baru kesana. Tp coba make sure, apakah sudah ada yg langsung ke brastagi :)

    • Halo Pak ren. kalo dari Medan sihh bisa 4-6jam pak bro. tergantung moda yang di gunakan. apakah angutan umum atau mobil pribadi. kalo mobil pribadi bisa 4-4,5jam. heheheh. udah gampang kok pak kesana. di tunggu.

  4. nice post,,
    mau tanya nih,
    saya ada rencana ke parapat sekalian juga ke tomok bareng kawan satu kelas akhir perpisahan sekolah nanti, kira kira ada gak penginapan yg bersih dgn low budget ? info dong bro:)

  5. Keren..
    mau nanya ni bro.. akomodasi dari medan mau ke Mas Cottage gimana ya? tolon detail nya dong, baik trip nya, kendaraannya sama budget nya.. thanks yaa..

    • Halo mas Simon,
      Pertanyaan ini tiap hari ada aja yang masuk ke Email. untuk transportasi : Akomodasi banyak kok ke Danau Toba.
      caranya nanti tiba di Medan terus ke Terminal Amplas. dari sana ada Bus rute Medan ke Parapat, Balige, Tarutung. agar lebih abdoooollll pilih Karya Agung. bilang saja, saya mau ke Parapat Bang (Logat Batak gitu :D).
      kalo tidak salah sekarang udah 40 rb – 50 rb sekali jalan. ada juga mobil tobali tour ini express dan lebih cepat di Jl. sisingamangaraja 79C. harganya sedikit mahal 60 rb – 80an.#tapi kita gak tau sekarang ya..#. tenang kok aman disana. hanya saja emang tone suaranya agak tinggi, tapi kalo berlogat-logat sana mah udah biasa. selamat berkunjung ke Toba.

      Sorry saya bukan agent travel ya mas. saya hanya promosi Danau Toba saja ke Semua orang yang baca blog saya. jika butuh informasi, bisa nanya2 kesaya ya.. :). have a nice Trip.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s